KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

by | Jan 9, 2020 | Berita, Universitas

Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau yang disingkat UMY terbentuk berawal dari pendirian Fakultas Kedokteran dengan jurusan keperawatan pada tahun 2000, kedokteran gigi pada tahun 2002 dan farmasi pada tahun 2010. Kemdian pada tahun 2010 terbentuklah program Pendidikan Kedokteran serta FK UMY telah terakreditasi oleh BAN PT Dikti Depdiknas dengan Klasifikasi Akreditasi B, dan tahun 2015 kembali meraih akreditasi B dari Lembaga Akreditasi Mandiri untuk Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). Berdasarkan hasil akreditasi terkini tersebut, Program Studi Kedokteran (Sarjana) memiliki Klasifikasi Akreditasi B, sedangkan Program Studi Profesi Dokter (Pascasarjana) memiliki Klasifikasi Akreditasi A.

            Berbagai program hibah yang sangat membantu perkembangan FK maupun FKIK UMY adalah Program Hibah Kompetisi A2 dari Dikti, Hibah K1 Inherent untuk pengembangan teknologi informasi dan Program Hibah Kompetisi Peningkatan Kualitas Pendidikan Dokter (PHK PKPD) tahun 2011-2013 yang diperoleh dari World Bank-DIKTI.

Kedokteran UMY beralamatkan di Jl. Brawijaya, Kasihan Kec. Bantul Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki visi Pada tahun 2020 menjadi Program Studi  yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran, berlandaskan nilai-nilai Islam, terkemuka di tingkat  nasional, dikenal di tingkat  internasional,  berkontribusi pada pengembangan  umat dan bangsa Indonesia. Serta misinya yaitu sebagai berikut:

  1. Mengembangkan sivitas akademika untuk menjadi pribadi yang berakhlak mulia.
  2. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan yang berbasis bukti sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia dengan pendekatan kedokteran keluarga.
  3. Menyelenggarakan kegiatan penelitian yang berkualitas dan bermanfaat dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang bermanfaat untuk pengembangan kesehatan umat dan bangsa Indonesia.
  5. Meningkatkan kesejahteraan seluruh pegawai.
  6. Menyelenggarakan tata kelola yang baik.

Untuk mendapatkan informasi mengenai kedokteran UMY kalian dapat akses situsnya http://medicine.fkik.umy.ac.id serta nomor telepon +62 274 387656. Biaya yang ditawarkan oleh UMY untuk kedokteran sebesar Rp. 73.037.600 selama dari semester 1-13.

           

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Dalam era globalisasi ini, memilih universitas yang berkualitas adalah langkah penting dalam meraih pendidikan yang baik dan masa depan yang cerah. Namun, dengan banyaknya pilihan universitas yang tersedia, bagaimana kita dapat memastikan bahwa institusi yang kita pilih memiliki standar pendidikan yang tinggi dan diakui secara resmi?