KEDOKTERAN UNIVERSITAS MULAWARMAN

by | Jan 11, 2020 | Berita, Universitas | 0 comments

Universitas Mualwarman atau yang biasa disebut Unmul memiliki Program Studi Kedokteran yang terbilang masih baru di lingkungan kampus. Program Pendidikan Dokter Universitas Mulawarman didirikan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur bekerja sama dengan Universitas Mulawarman. Program ini diresmikan pada tanggal 1 November 2001 oleh Gubernur Kalimantan Timur Suwarna Abdul Fatah, Rektor Universitas Mulawarman Rachmad Hernadi, dan dari Konsorsium Ilmu Kesehatan Departemen Pendidikan Nasional, Ma’rifin Husin.

Dalam pelaksanaan awal kegiatan perkuliahan dilakukan dengan dosen tamu yang diambil dari RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda, Universitas Brawijaya, Universitas Hasanuddin dan Universitas Airlangga. Secara organisasi Program Pendidikan Dokter dipimpin oleh Latief Choibar Caropeboka dan berada di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Sejak tanggal 1 Juli 2004, Program Pendidikan Dokter naik statusnya menjadi Program Studi Kedokteran Umum dan akhirnya menjadi Fakultas Kedokteran sejak tanggal 7 Mei 2008. Pada masa ini, Fakultas Kedokteran dipimpin oleh dr. Ika Fikriah, M.Kes

Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman memiliki kampus di Jalan Kerayan, Gunung Kelua, Samarinda. Selain itu fakultas juga memiliki Rumah Sakit Pendidikan di RSUD Abdul Wahab Sjahranie di Jalan Palang Merah Indonesia, Voorfo, Samarinda. Tempat pendidikan lain meliputi RSKD Atma Husada Mahakam, Samarinda untuk pendidikan Ilmu Kesehatan Jiwa, RSUD dr. Kanujoso Djatiwobowo, Balikpapan untuk pendidikan Ilmu Perinatologi dan Puskesmas Sempaja, Puskesmas Lempake dan Puskesmas Palaran di kota Samarinda untuk pendidikan Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Kedokteran Unmul memiliki visi Fakultas Kedokteran yang terkemuka di tingkat regional dan nasional yang berwawasan Internasional dalam pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di bidang kedokteran dan kesehatan yang bertumpu pada hutan tropis lembab (tropical rain forest) dan lingkungannya pada tahun 2030 serta misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan Kedokteran dan Kesehatan yang berkualitas
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berwawasan internasional dibidang ilmu kedokteran dan kesehatan yang bertumpu pada hutan tropis lembab dan lingkungannya
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada peningkatan perilaku sehat masyarakat
  4. Mengembangkan dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kapasitas, sarana, prasana, dan sumber daya manusia yang berkualitas

Biaya yang di keluarkan untuk menempuh pendidikan di Universitas Mulawarman terbagi menjadi lima kelompok UKT, yaitu kelompok 1 sebesar Rp. 25.537.000, kelompok II

Rp. 500.000, kelompok III Rp. 1.000.000kelompok IV Rp. 5.000.000 kelompok IV 10.000.0000.  dan kelompok IV15.000.000.

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Dalam era globalisasi ini, memilih universitas yang berkualitas adalah langkah penting dalam meraih pendidikan yang baik dan masa depan yang cerah. Namun, dengan banyaknya pilihan universitas yang tersedia, bagaimana kita dapat memastikan bahwa institusi yang kita pilih memiliki standar pendidikan yang tinggi dan diakui secara resmi?

18 Jurusan di Fakultas Teknik

18 Jurusan di Fakultas Teknik

Fakultas teknik adalah fakultas yang menjanjikan masa depan yang cerah. Lulusan fakultas teknik memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin dan inovator di berbagai bidang.