KEDOKTERAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA

by | Jan 10, 2020 | Berita, Universitas

Universitas Nusa Cendana atau biasa yang disebut Undana ini memiliki kedokteran yang sudah terbentuk pada tahun 2008 berdasarkan surat Dirjen Dikti no. 2122/D/T/2008, UNDANA diberi ijin penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran yang mulai menerima mahasiswa baru pada tahun akademik 2008/2009. Pembentukan Kedokteran Universitas Nusa Cendana ini berdasarkan karena minimnya pendidikan Kedokteran di Nusa Tenggara Timur.

Kedekatan letak geografik dengan benua Australia dan pada bagian Timur kepulauan Nusa Tenggara menyebabkan sebagian besar wilayah Provinsi NTT beriklim semi-ringkai (semi-arid), terutama bagian Timur pulau Sumba, bagian Utara pulau Timor dan bagian Utara dan Timur pulau Flores dan pulau-pulau di sebelah Timur pulau Flores.

Kondisi geografis dan iklim tersebut menyebabkan provinsi NTT memiliki ciri khas dibanding provinsi lain di Indonesia. Kekhasan tersebut antara lain pada segi pertanian dimana menggunakan sistem TBP (Tebas, Bakar, Pindah), peternakan dengan sistem Umbar dimana ternak diumbar dengan bebas di alam untuk mencari makan sendiri, serta kesehatan dengan penyakit khas NTT seperti Busung Lapar, Malaria, Frambusia, Filariasis, Rabies dan AKI (angka kematian ibu) yang tinggi.

Problem kesehatan selama ini belum terselesaikan karena penyebaran tenaga kesehatan yang belum merata, kurangnya tenaga kesehatan yang bersedia menetap di NTT dan kondisi alam yang kering sehingga sumber daya alam terbatas. Oleh karena itu diperlukan adanya institusi akademis, khususnya kedokteran, yang mendidik putra-putra daerah NTT sehingga menjadi tenaga-tenaga kesehatan yang bersedia ditempatkan di Provinsi NTT. Akhirnya Universitas Nusa Cendana membuat Fakultas Kedokteran.

Kampus yang beralamatkan di miliki visi terwujudnya FK Undana sebagai pusat unggulan global kedokteran semiringkai kepulaun tahun 2025. Serta memiliki misi yaitu sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan kedokteran dan profesi dokter yang unggul di bidang kedokteran semiringkai kepulauan
  2. Menyelenggarakan penelitian dibidang iptekdokes (Ilmu Pengetahuan Teknologi Kedokteran dan Kesehatan) dengan unggulan kedokteran semiringkai kepulauan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat berdasarkan hasil penelitian terkini di bidang kedokteran semiringkai kepulauan,
  4. Mengembangkan organisasi dan tata kelola yang kredibel, akuntabel, transparan, adil dan bertanggung jawab
  5. mengembangkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan institusi dalam dan luar negeri.

Biaya yang harus dibayar oleh mahasiswa Kedokteran Undana yaitu berdasarkan Uang Kuliah Tunggal atau yang biasa disebut UKT. UKT yang terdapat di Undana terbagi menjadi 5 kelompok, yang dimana untuk kelompok I sebesar Rp. 500.000, kelompok II Rp. 1.000.000, kelompok III Rp. 10.000.000, kelompok IV Rp. 15.000.000 dan kelompok V sebesar Rp. 17.500.000. Untuk info lebih jelas mengenai kedokteran Undana dapat mengunjungi situsnya di https://fk.undana.ac.id/ dan dapat menghubungi di nomor telepon (0380) 881972.

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Dalam era globalisasi ini, memilih universitas yang berkualitas adalah langkah penting dalam meraih pendidikan yang baik dan masa depan yang cerah. Namun, dengan banyaknya pilihan universitas yang tersedia, bagaimana kita dapat memastikan bahwa institusi yang kita pilih memiliki standar pendidikan yang tinggi dan diakui secara resmi?