KEDOKTERAN UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

by | Jan 11, 2020 | Berita, Blog, Kedokteran, Universitas | 0 comments

Terbentuknya Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara awalnya karena keinginan untuk mendirikan Fakultas Kedokteran di Medan khususnya, di Sumatera Utara umumnya,telah ada sebelum kemerdekaan dengan Dr. Pringadi, Dr. Tengku Mansoer, Dr. M. Amir dan rekan-rekannya yang mengusahakan untuk berdirinya fakultas ini. Namun, karena banyak hal keinginan inibaru terealisasi pada tahun 1952.

Pada tanggal 4 Juni 1952 terbentuklah YAYASAN UNIVERSITASSUMATERA UTARA dan pada tanggal 20 Agustus 1952 berdirilah Fakultas Kedokteran. Dewan Fakultassemasa itu terdiri dari Dr. Ahmad Sofian sebagai Dekan, Dr. M. Ildrem sebagai Sekretaris serta Dr. Maasdan Dr. T. Mansoer sebagai anggota. Peletakan batu pertama di gedung induk oleh Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Sumatera Utara, Marah Halim Harahap pada tanggal 15 Januari 1970 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 28 Desember 1970.

Tidak sampai disitu saja FK USU terus mengembangkan pendidikan, fasilitas dan juga menjalin kerjasama dengan ACMS Pulau Pinang Malaysiadengan membuka kelas Internasional sejak tahun 2002. Begitu juga dengan kurikulum yang sekarangmenganut Kurikulum Berbasis Kompetensi yang diterapkan sejak stanbuk 2006. Sampai saat ini Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara telah melakukan banyak pembenahan dari seluruh komponen yang ada. Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai pelaksana seluruh kegiatan yang ada di FK USU maupun pembangunan Sarana dan Prasarana dalam upaya mendukung proses belajar mengajar dilakukan secara berkesinambungan.

Kedokteran Universitas Sumatera Utara yang beralamatkan di Jl. Dr. Mansyur No.5, Padang Bulan, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara memiliki visi Mewujudkan Fakultas Kedokteran USU pada tahun 2014 menjadi institusi pendidikan kedokteran terdepan menuju centre of excellence dalam bidang kedokteran tropis (tropical medicine) dan penyakit keganasan (oncology) di Indonesia serta misinya sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang professional, beretika dan berbasis kompetensi.
  2. Mengembangkan kurikulum pendidikan yang berbasis kompetensi dengan pendekatan kedokteran keluarga (community medicine).
  3. Memusatkan pendalaman pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa dalam pelayanan kesehatan primer dengan penguatan pada penyakit tropis dan penyakit keganasan.
  4. Membangun kerjasama dengan institusi lain dalam bidang kedokteran tropis dan penyakit keganasan.
  5. Meningkatkan, melengkapi sarana dan prasarana yang memperkuat proses pembelajaran dan penelitian yang berhubungan dengan kedokteran tropis dan penyakit keganasan.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk menempuh Pendidikan Dokter di USU terbagi menjadi tujuh kelompok UKT. Kelompok I sebesar Rp. 500.000, kelompok II Rp. 1.000.000, kelompok III Rp. 1.800.000, kelompok IV Rp. 2.900.000, kelompok V Rp. 4.000.000, kelompok VI Rp. 5.100.000, kelompok VII Rp. 6.200.000. Untuk info lebih lengkap mengenai Kedokteran Universitas Sumatera Utara dapat mengunjungi situsnya http://fk.usu.ac.id/ dan https://www.usu.ac.id/, serta di nomor telepon (061) 8211045.

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Dalam era globalisasi ini, memilih universitas yang berkualitas adalah langkah penting dalam meraih pendidikan yang baik dan masa depan yang cerah. Namun, dengan banyaknya pilihan universitas yang tersedia, bagaimana kita dapat memastikan bahwa institusi yang kita pilih memiliki standar pendidikan yang tinggi dan diakui secara resmi?