KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA

by | Jan 11, 2020 | Berita, Blog, Kedokteran, Universitas

Universitas Syiah Kuala atau yang biasa disebut UNSYIAH ini memiliki Kedokteran yang sudah cukup tua di lingkungan kampus. Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (FK Unsyiah) berdiri pada tanggal 1 April 1982 berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor: 16 Tahun 1982. Saat itu FK Unsyiah masih menempati Gedung Akademi Pemerintahan Dalam Negeri di Jalan T. Nyak Arief, kemudian pada tahun 1986 pindah ke gedung Biro Rektor Unsyiah yang berada di Jalan Tgk Chik Pante Kulu.

Sejak tahun 1988 FK Unsyiah telah memiliki bangunan sendiri seluas 4389 m2 yang terletak di jalan Tgk Syech Abdul Rauf Darussalam-Banda Aceh, yang dibangun diatas areal seluas 61.650 m2. Sementara itu gedung kuliah yang lain berada di Kompleks Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh yang memiliki luas sekitar 725 m2.

Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) FK Unsyiah didirikan sebagai upaya memenuhi hasrat seluruh masyarakat di Provinsi Aceh untuk memiliki institusi pendidikan yang dapat menghasilkan dokter. Program Studi ini merupakan program studi yang sangat diminati di Unsyiah. Hal ini dapat dinilai dari peningkatan jumlah mahasiswa yang mendaftar dan yang diterima setiap tahun akademik. Sesuai dengan rencana pengembangannya, maka peningkatan jumlah dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) terutama dalam hal pengembangan staf pengajar telah dilakukan sejak awal berdirinya FK Unsyiah hingga saat ini.

Pada tahun 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala membuka Program Pendidikan Dokter Spesialis THT-KL, Program Pendidikan Dokter Spesialis Pulmonologi dan Respirasi, Program Pendidikan Dokter Spesialis Neurologi dan Program Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Kesehatan Anak .

Pada tahun 2017 Fakultas Kedokteran Univesitas Syiah Kuala membuka Program Pendidikan Dokter Spesialis Anestesi dan Terapi Intensif, Program Pendidikan Dokter Spesialis Kardiologi. Dan pada tahun 2018 Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala berencana akan membuka Program Magister (S2) Ilmu Kesehatan Masyarakat/Ilmu Kesehatan Komunitas, Program Magister (S2) Tropikal Medicine, Program Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin, Program Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Kesehatan Mata, Program Pendidikan Dokter Spesialis Bedah Plastik.

Kedokteran Universitas Syiah Kuala yang beralamatkan di Jl. Teuku Tanoh Abee, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Nangro Aceh Darussalam ini memiliki visi Menjadi Program Studi Pendidikan Dokter yang unggul, kompetitif dan inovatif di tingkat nasional serta berwawasan global pada tahun 2025 serta misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan kedokteran terpadu dengan menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK).
  2. Menyelenggarakan kajian dan penelitian yang inovatif dan bermutu di bidang kedokteran dan kesehatan untuk menunjang pengembangan pendidikan dan bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Melaksanakan berbagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan humaniora.

Biaya yang dikeluarkan untuk menempuh Pendidikan Dokter di Universitas Syiah Kuala terbagi menjadi enam kelompok Uang kUliah Tunggal yaitu, kelompok I Rp. 500.000, kelompok II Rp. 1.000.000, kelompok III Rp. Rp. 1.050.000-Rp. 2.525.000, kelompok IV Rp. 2.600.000-Rp. 3.500.000, kelompok V Rp.4.545.500 –Rp. 8. 983.250, kelompok VI Rp. 6.000.000- Rp. 17.966.500. Untuk mendapatkan info lebih lengkap mengenai Kedokteran UNSYIAh dapat mengunjungi situsnya http://fk.unsyiah.ac.id/ dan https://unsyiah.ac.id/ serta menghubungi di nomor telepon (0651) 7553205.

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

20 Daftar Prodi PPDS UB

20 Daftar Prodi PPDS UB

PPDS UB Universitas Brawijaya (UB) melalui Fakultas Kedokteran (FK) membuka peluang bagi para dokter untuk...