Lebih Dekat Dengan Jurusan Ilmu Teknologi Pangan

by | Apr 9, 2020 | Berita

Ilmu dan teknologi pangan adalah mata pelajaran yang penting untuk memahami bagaimana suatu jenis makanan itu dibuat dan bagaimana dampaknya terhadap kehidupan sehari-hari. Manusia hidup dari makanan, oleh karena itu, sebenarnya ilmu seperti ini telah dipelajari dan diteliti sejak jaman dahulu, akan tetapi baru-baru ini baru diangkat menjadi bidang akademis yang berdiri sendiri.

Pada jaman kuno dulu, ilmu pangan hanya diajarkan kepada kaum wanita. Sekarang ilmu ini bisa dipelajari oleh kaum wanita dan pria. Mereka harus bertanggung jawab akan kualitas makanan yang diproduksi dengan menjamin kandungan gizi yang terdapat dalam makanan tersebut agar sehat untuk dikonsumsi.

Kebanyakan Program Sarjana mengharuskan para calon mahasiswa untuk memiliki nilai paling tidak 3 nilai A. Lama kuliah akan berlangsung sekitar 3 hingga 4 tahun. Teori mengenai pengan akan diajarkan di kelas kuliah, dan akan didiskusikan lebih lanjut di kelas tutorial dan seminar. Setelah memahami teori, kalian akan mengimpalntasikan teori tersebut untuk kegiatan praktek di laboratorium. Dan di tahun ketiga, akan diharuskan untuk menyelesaikan proyek individu ataupun mengambil penempatan kerja.

Beberapa contoh mata kuliah lainnya adalah Rekayasa Proses Pangan, Mikrobiologi dan Keamanan Pangan, Pangan dan Gizi, Pengemasan Pangan, Pengeringan dan Pendinginan, Teknologi Teh, Kopi dan Coklat, Teknologi Minyak Atsiri, Rempah dan Obat, Teknologi Fermentasi, Mikrobiologi Pangan dan Enzimonologi, alat dan mesin yang digunakan dalam proses industri pangan, bagaimana merencanakan pendirian sebuah pabrik atau usaha dalam bidang pangan, serta Kewirausahaan.

Setelah lulus, mahasiswa Ilmu Teknologi Pangan bisa berkarir menjadi:

  1. Quality Control/Pengendalian Mutu
  2. Konsultan Pangan dan Gizi
  3. Lungkup Pemerintahan
  4. Pengembangan Produk
  5. Berwirausaha/Pengusaha Pangan

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”