Lebih Kenal Dengan Jurusan Agribisnis

by | Apr 14, 2020 | Berita

Apa sih juruan Agribisnis itu? Agribisnis adalah ilmu yang mempelajari ilmu yang berkaitan dengan bisnis atau usaha yang memanfaatkan pertanian sebagai komoditas atau bisa dikatakan bisnis ayng berbasis dengan usaha pertanian atau bidang lainnya yang mendukung dari segi sektor hulu maupun hilir. Pertanian memiliki arti yang sangat luas, tidak hanya tentang tanaman saja tapi juga hewan ternak, hasil hutan, dan perikanan.

Jurusan ini mempelajari semua aspek tentang budidaya dan pengelolaan hasil pertanian, manajemen usaha, pemasaran produk, serta kewirausahaan. peluang kerjanya ada di bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan juga kehutanan dengan cara bisnis yang efektif dan juga efisien. Kuliah di jurusan Agribisnis juga dibekali dengan ilmu ekonomi, seperti perencanaan mengenai bisnis dan kemampuan menganalisa peluang usaha. Setelah lulus kuliah nanti bisa membangun usaha rintisan atau startup. Kalau mau berhasil, harus lebih pintar membaca peluang dan juga masalah yang ada di masyarakat, lalu mencari solusi terbaik dari masalah itu dengan bisnis yang di jalankan.

Mata kuliah yang di pelajari saat kuliah yaitu seperti:

– Bisnis Global

– Manajemen Agribisnis

– Biologi Umum

– Risiko Agribisnis

– Ilmu Tanaman Pangan

– Modal Sosial Pertanian

– Sosiologi Umum

– Koperasi dan Kelembagaan Agribisnis

– Ekonomi Umum

– Perencanaan Program Pangan dan Gizi

Peluang kerja di jurusan Agribisnis ini sangat besar seperti menjadi Entrepreneur seperti membuka usaha dalam bidang pertanian, bekerja di instansi pemerintah menjadi PNS, bisa juga bekerja di perusahaan swasta. Bedanya, biasanya di sektor swasta kamu akan bekerja dengan sistem kontrak yang lama bekerjanya diketahui saat kamu sudah diterima nanti. Kalian juga bisa bekerja di perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang agribisnis maupun komoditi. Atau, kalau kamu berniat membuka usaha sendiri, bisa menjadi supplier komoditas di bidang ini.

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

Bimbel Karantina UI

Bimbel Karantina UI

BIMBEL KARANTINA UNIVERSITAS INDONESIA (UI)APA ITU BIMBEL KARANTINA?