Lebih Mengenal Dengan Pediatri

by | Apr 9, 2020 | Berita

Pediatri adalah cabang ilmu kedokteran yang berkonsentrasi pada pencegahan, diagnosis, pengobatan dan penanganan seluruh jenis penyakit pada pasien berusia muda, yaitu bayi dan anak hingga remaja atau dewasa muda. Usia maksimal pasien pediatri berkisar antara 18 dan 21 tahun. Usia ini merupakan masa transisi pasien memasuki perawatan kesehatan dewasa.

Pediatri atau spesialis anak, tidak hanya fokus pada aspek-aspek penunjang kesehatan yang dibutuhkan oleh anak, namun juga memahami perbedaan luas antara gangguan kesehatan pada pasien anak dan dewasa. Hal terpenting dalam fokus pediatri adalah tumbuh kembang fisik pasien anak. Tubuh anak yang semula kecil, kemudian memasuki tahap perkembangan dari tahun ke tahun, kebutuhan penunjang kesehatan pun berubah secara drastis, bahkan dalam waktu yang relatif singkat.

Di samping itu, beberapa faktor lain juga ikut terlibat, seperti pada bayi yang baru lahir, perawatan kesehatan melibatkan pemeriksaan dan penanganan cacat bawaan. Sedangkan pada balita, terdapat identifikasi gangguan perkembangan yang berpotensi penyakit. Pembahasan unik lainnya, yaitu pediatri memberikan panduan, pendidikan, dan terkadang memperbaiki kesalahan orangtua atau wali dalam merawat anak mereka.

Pediatri juga mempertimbangkan faktor dan batasan khusus dengan mengutamakan keamanan dan kelayakan perawatan untuk anak. Tidak hanya bertanggungjawab dalam membuat diagnosis dan merancang pengobatan, tetapi juga memastikan pengobatan drancang sesuai dengan usia dan aman bagi fisiologis pasien yang belum matang. Sebagai bidang ilmu yang luas, pediatri terdiri dari beberapa sub-disiplin, yaitu:

– Neonatologi

– Perawatan kritis

– Gastroenterologi

– Neurologi anak

– Penyakit menular

– Hematologi

– Onkologi

– Reumatologi

– Pulmonologi

– Oftalmologi

– Kedokteran gawat darurat

– Endokrinologi

– Psikiatri anak

– Kedokteran rehabilitasi

– Perkembangan perilaku anak

– Alergi dan immunologi

– Kardiologi

– Neuropsikologi

– Pediatri sosial

– Kedokteran olahraga

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”