10 Mata Kuliah Wajib Yang Dipelajari di Jurusan Kedokteran?

by | Jun 1, 2022 | Blog, Berita, Kedokteran | 0 comments

Menjadi mahasiswa kedokteran mungkin impian banyak orang. Selain menyiapkan biaya pendidikan yang terbilang cukup mahal. Kamu juga harus bersiap dengan segudang mata kuliah yang harus dipelajari.
Penasaran mata kuliah apa saja yang harus dipelajari?

10 Mata Kuliah Yang Dipelajari

1. Anatomi

Anatomi menjadi mata kuliah wajib mahasiswa kedokteran, mempelajari mengenai susunan bagian tubuh beserta organ di dalam tubuh manusia.

2. Kardiovaskuler

Kardiovaskuler Mempelajari mengenai sistem kerja organ jantung dan juga pembuluh darah. Merupakan ilmu wajib dikuasai oleh semua calon dokter.

3. Reproduksi

Reproduksi Mempelajari mengenai saluran atau organ reproduksi di tubuh manusia. Sekaligus berbagai jenis penyakit yang bisa terjadi di saluran reproduksi.

4. Respiratori

Respiratori yang mempelajari mengenai saluran pernafasan dan berbagai penyakit di saluran ini sekaligus cara mengobatinya.

5. Ilmu Bedah

Mahasiswa di kedokteran juga akan mendapatkan mata kuliah ilmu bedah. Ilmu ini mempelajari mengenai cara melakukan pembedahan atau operasi.

Meskipun tidak semua dokter di masa depan menjadi ahli bedah kecuali mengambil spesialis bedah, ilmu ini wajib dimiliki.

6. Ilmu Penyakit Dalam

Mata kuliah ilmu penyakit dalam termasuk ke dalam bekal ilmu penting bagi seorang calon dokter. Lewat mata kuliah ini mahasiswa kedokteran akan mengenal berbagai jenis penyakit dalam, cara pemeriksaan, dan menentukan obat maupun metode pengobatan yang tepat.

7. Gastrointestinal

Gastrointestinal yang mempelajari saluran pencernaan dan proses pencernaan di dalam tubuh manusia. Disini, mahasiswa kedokteran akan memahami sistem pencernaan manusia secara mendalam.

8. Metabolisme & Energi

Metabolisme & Energi adalah ilmu yang mempelajari tentang sistem metabolisme tubuh dan energi yang dihasilkan oleh tubuh

9. Biologi seluler

Seperti yang dipelajari di mata kuliah anatomi, bedanya, biologi seluler akan mempelajari ilmu biologi di tingkat yang lebih komplek, yaitu di tingkat perkembangan sel. Nantinya, kamu akan mempelajari bagaimana sel dapat berkelompok dan berkembang menjadi jaringan. Lalu jaringan berkembang menjadi organ, lalu menjadi sistem organ, hingga akhirnya membentuk suatu makhluk hidup.

10. Genetika

Genetika merupakan mata kuliah yang mempelajari ilmu genetika atau penurunan gen pada manusia. Sebagai calon dokter, tentunya kamu harus harus memahami dengan baik mengenai ilmu genetika.

3 Kemampuan Dasar Pendukung Mata Kuliah Kedokteran

Selain mata kuliah yang sudah disebutkan sebelumnya, setiap calon mahasiswa kedokteran harus menguasai kemampuan dasar untuk mendukung penguasaan materi selama perkuliahan. Kemampuan dasar ini sifatnya cenderung bersifat non akademis dan kombinasi antara kognitif dan afektif yang baik.

Pemahaman yang Kuat dan Seimbang antara Fisika, Kimia, Biologi, dan Matematika

Jika kamu berpikir mata kuliah kedokteran hanya membahas pelajaran biologi, coba kamu gali lebih dalam deh. Karena, dalam setiap matkul di kedokteran itu akan mempelajari hal yang lebih detail. Serta tubuh manusia pun terbentuk dari berbagai susunan sel, jaringan, dan sistem organ yang kompleks. Artinya, butuh pemahaman yang seimbang antara pelajaran lainnya.

Kita ambil contoh saja, setiap sel dapat berkembang membentuk jaringan karena adanya reaksi kimia. Proses pencernaan makanan di dalam lambung pun erat hubungannya dengan proses kimia. Selain itu, dibutuhkan pula kemampuan fisika dalam implementasi berbagai alat kedokteran, seperti X-Ray, USG, dan alat rekam jantung.

Agar dapat menghitung dan memastikan semuanya sesuai dengan perhitungan yang tepat, tentunya dibutuhkan kemampuan matematika yang sepadan kan.

Kemampuan Bahasa Inggris yang Baik

Mata kuliah kedokteran erat dengan menghapal berbagai istilah, dan kebanyakan materi tersebut berasal dan luar negeri. Otomatis, penguasaan Bahasa Inggris menjadi syarat utama untuk menempuh mata kuliah ini. Bahkan, tidak sedikit yang harus menggunakan istilah Bahasa Latin, lho!

Proses penerjemahan bahasa tersebut juga membutuhkan waktu yang lama, bahkan bisa berbeda hingga 5 tahun antara versi Indonesia dengan versi original. Artinya, kalau kamu hanya mengandalkan materi versi bahasa Indonesia, kemampuan dan pengetahuan kamu bisa ketinggalan.

Selain itu, ilmu di dalam kedokteran sifatnya universal, baik di Indonesia, di Inggris, maupun di negara manapun. Artinya, jika nantinya kamu harus menghadapi

Memiliki kondisi mental yang baik dan stabil

Nah, ini salah satu hal paling penting yang harus dimiliki mahasiswa kedokteran. Dimulai dari perkuliahan, mental kita sudah diuji oleh alur kuliah yang berat. Mulai dari berbagai tugas teori dan praktik yang menyita waktu dan tenaga.

Ritme perkuliahannya pun berlangsung cepat dan padat. Artinya, kuliah kedokteran membutuhkan komitmen tingkat tinggi bagi diri sendiri.

Setelah menyelesaikan di teori perkuliahan, tantangan sesungguhnya pun dimulai. Selama praktik bekerja, kita akan disuguhi kondisi yang menantang dengan darah di mana mana, pasien yang memiliki cedera tubuh yang serius, dan kondisi antara hidup dan mati.

Setiap keputusan bergantung pada kita, sebagai dokter, dalam menentukan nasib seseorang. Artinya, profesi ini menuntut zero mistake alisa tidak boleh ada kesalahan sedikitpun.

Sekarang pertanyaannya, “Sudah siapkah kamu menjadi mahasiswa kedokteran?”

Bimbingan belajar Brawijaya Intensive Center (BIC) akan membantu kamu untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian masuk ke Fakultas Kedokteran. Ada banyak pilihan program bimbel kedokteran yang dapat kamu pilih. Segera daftarkan dirimu sekarang.

BIC “Your partner for success”
Referensi: Khusus Calon Dokter! 10 Mata Kuliah Kedokteran yang Wajib Dikuasai

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”