Mata Kuliah yang Dipelajari di Teknik Industri

by | Nov 18, 2023 | Blog

Mata Kuliah yang Dipelajari di Teknik Industri

Teknik industri adalah salah satu jurusan teknik yang mempelajari tentang perancangan, pengembangan, dan pengelolaan sistem industri.

Jurusan ini memiliki cakupan yang luas, mulai dari manajemen, manufaktur, hingga ergonomi.

Yang menjadi pembahasan atau bidang pekerjaan dari teknik industri adalah sistem integral yang berbentuk dari manusia, material atau bahan, informasi, peralatan dan energi. Dasar-dasar keilmuan dari teknik industri sendiri bersifat multidisiplin atau lintas bidang.

Hal tersebut disebabkan teknik industri tidak melulu berkaitan dengan ilmu matematika dan fisika semata, namun juga ilmu sosial dan manajemen.

Teknik Industri Belajar Apa?

Mahasiswa dengan jurusan teknik industri akan mempelajari sejumlah pengetahuan seputar teknik sistem dan industri, di antaranya adalah perancangan dan pengukuran kerja, penelitian operasional dan analisis, analisis ekonomi teknik, perancangan fasilitas dan energi manajemen kualitas dan teknik keandalan, ergonomi dan faktor manusia.

Selain itu, mahasiswa jurusan teknik industri juga akan belajar teknik dan manajemen operasional manajemen rantai pasokan atau supply chain, manajemen teknik, keselamatan atau safety, teknik informatika, teknik manufaktur dan desain, perancangan dan pengembangan produk serta teknik dan perancangan sistem.

Untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja, jurusan teknik industri memiliki berbagai mata kuliah yang dipelajari. Berikut adalah beberapa mata kuliah yang umumnya dipelajari di jurusan teknik industri:

Matematika dan Statistika

Matematika dan statistika merupakan dasar dari semua ilmu pengetahuan, termasuk teknik industri. Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep-konsep matematika dan statistika yang digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah di industri.

Fisika dan Kimia

Fisika dan kimia merupakan dasar dari ilmu teknik. Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep-konsep fisika dan kimia yang digunakan dalam proses produksi dan manufaktur.

Manajemen

Manajemen merupakan salah satu bidang utama yang dipelajari di teknik industri. Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep-konsep manajemen yang digunakan untuk mengelola sumber daya manusia, keuangan, dan operasional.

Manufaktur

Manufaktur merupakan bidang yang mempelajari tentang proses produksi. Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep-konsep manufaktur, mulai dari perencanaan, desain, hingga pengendalian produksi.

Ergonomis

Ergonomis merupakan bidang yang mempelajari tentang interaksi manusia dan mesin. Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep-konsep ergonomis yang digunakan untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman bagi karyawan.

Selain mata kuliah-mata kuliah di atas, jurusan teknik industri juga memiliki mata kuliah pilihan yang dapat dipilih sesuai dengan minat dan bakat mahasiswa. Beberapa mata kuliah pilihan yang umum dipelajari di jurusan teknik industri antara lain:

  • Sistem Informasi
  • Analisis dan Perancangan Sistem
  • Kewirausahaan
  • Teknologi Informasi
  • Teknologi Manufaktur

Mata kuliah-mata kuliah yang dipelajari di jurusan teknik industri memberikan mahasiswa pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja di berbagai bidang industri. Lulusan teknik industri dapat bekerja di berbagai bidang, antara lain:

  • Produksi
  • Manajemen
  • Ergonomis
  • Teknologi Informasi
  • Kewirausahaan

Jika Anda tertarik untuk mempelajari tentang perancangan, pengembangan, dan pengelolaan sistem industri, jurusan teknik industri merupakan pilihan yang tepat untuk Anda.

Teknik Industri Kerja Apa?

Lulusan dari jurusan teknik industri memiliki prospek kerja yang luas, karena bidang ilmu yang dipelajari pada dasarnya adalah paduan dari teknik, ilmu sosial dan manajemen yang dibutuhkan oleh berbagai perusahaan.

Maka, lulusan teknik industri bisa bekerja di posisi market researcher, perencana dan pengelola sistem distribusi, manajemen sumber daya manusia, pengendalian kualitas dan produksi, konsultasi manajemen, brand manager hingga konsultasi sistem informasi.

Kenapa Jurusan Teknik Industri Diminati?

Jurusan teknik industri merupakan salah satu jurusan kuliah yang banyak diminati oleh calon mahasiswa baru. Hal ini tidak mengherankan, mengingat jurusan ini memiliki banyak kelebihan yang dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi calon mahasiswa.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa jurusan teknik industri diminati:

1. Cakupan ilmu yang luas

Jurusan teknik industri memiliki cakupan ilmu yang luas, mulai dari ilmu teknik, manajemen, hingga ekonomi. Hal ini membuat lulusan jurusan teknik industri memiliki kompetensi yang beragam dan dapat bekerja di berbagai bidang industri.

2. Peluang kerja yang besar

Jurusan teknik industri memiliki prospek kerja yang cerah. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di berbagai bidang industri, seperti manufaktur, jasa, kesehatan, dan lainnya.

3. Bidang keahlian yang beragam

Lulusan jurusan teknik industri dapat memilih berbagai bidang keahlian yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Bidang-bidang keahlian tersebut antara lain:

  • Manajemen produksi
  • Manajemen operasi
  • Manajemen kualitas
  • Manajemen logistik
  • Manajemen energi
  • Manajemen risiko
  • Manajemen sistem

4. Cocok untuk semua gender

Jurusan teknik industri cocok untuk semua gender. Baik laki-laki maupun perempuan dapat memiliki karier yang sukses di bidang teknik industri.

5. Membuka jalan ke dunia bisnis

Lulusan jurusan teknik industri memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dapat menjadi bekal untuk terjun ke dunia bisnis. Mereka dapat menjadi manajer, entrepreneur, atau konsultan bisnis.

Itulah beberapa alasan mengapa jurusan teknik industri diminati. Jika kamu tertarik dengan bidang teknik dan manajemen, maka jurusan teknik industri bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih jurusan teknik industri:

  • Lakukan riset tentang jurusan teknik industri. Cari tahu tentang kurikulum, mata kuliah, prospek kerja, dan biaya kuliah.
  • Ikuti tes minat dan bakat untuk mengetahui apakah kamu cocok dengan jurusan teknik industri.
  • Konsultasikan dengan orang tua, guru, atau teman yang sudah kuliah di jurusan teknik industri.

Semoga informasi ini bermanfaat!

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

20 Daftar Prodi PPDS UB

20 Daftar Prodi PPDS UB

PPDS UB Universitas Brawijaya (UB) melalui Fakultas Kedokteran (FK) membuka peluang bagi para dokter untuk...

Daftar 14 Prodi PPDS UNAND

Daftar 14 Prodi PPDS UNAND

Universitas Andalas (Unand), sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia, menawarkan Program Pendidikan...