Mengenal Lebih Dekat Kedokteran Psikiatri

by | Apr 23, 2020 | Blog, Kedokteran

Psikiatri merupakan sebuah cabang ilmu medis yang mempelajari lebih dalam tentang diagnosis, pengobatan, dan pencegahan terhadap gangguan mental, emosional, dan perilaku. Seorang dokter yang mendalami atau telah menjalani pendidikan spesialisasi di bidang ilmu psikiatri dikenal sebagai psikiater.

Untuk menjadi psikiater, seseorang harus menempuh sekolah kedokteran terlebih dahulu. Kemudian dokter tersebut perlu menjalani masa pelatihan dan pendidikan spesialisasi selama empat tahun.

Dengan fokus pendidikan khusus mempelajari bidang tersebut. Setelah menyelesaikan masa pendidikan spesialis, dokter akan bergelar dokter spesialis kesehatan jiwa atau psikiater.

Seorang psikiater berkompetensi dalam segala hal yang  berkaitan dengan diagnosis dan perawatan untuk pasien dengan masalah kesehatan mental, seperti depresi, gangguan bipolar, dan skizofrenia.

Selain itu, bertanggung jawab menentukan langkah penanganan kepada orang yang mengalami gangguan mental. Psikiater berkompetensi untuk memberikan pengobatan dan mengevaluasi kondisi penderita masalah kejiwaan dari segi medis. Hal itulah yang membedakan antara psikiater dengan tenaga kesehatan mental lainnya, seperti psikolog.

Subspesialiasi Psikiatri

Setelah menyelesaikan masa pelatihan, psikiater dapat melanjutkan pelatihan atau pendidikan khusus untuk mendapatkan subspesialisasi di bidang psikiatri. Yang pertama psikiatri anak dan remaja. Subspesialisasi yang khusus menangani gangguan mental pada anak dan kelompok usia remaja. Kondisi kejiwaan anak yang membutuhkan penanganan psikiater, misalnya masalah tumbuh kembang, anak dengan ADHD, gangguan spektrum autisme, gangguan makan, gangguan mood, dan skizofrenia.

Kedua, sikiatri usia lanjut (geriatri). Bidang psikiatri ini berfokus pada pengobatan gangguan mental dan emosional  pada lansia. Seperti halnya anak-anak, lansia juga memiliki jenis gangguan, kebutuhan, dan pengobatan yang berbeda dengan orang dewasa pada umumnya. Sehingga pemilihan dan pemberian dosis obat-obatan harus disesuaikan dengan usia lansia tersebut.

Ketiga, Psikiatri adiksi. Ini merupakan subspesialisasi psikiatri yang khusus pada penanganan orang-orang yang menderita satu atau lebih gangguan kejiwaan terkait masalah kecanduan. Contohnya, kecanduan obat-obatan atau minuman beralkohol.

Penyakit Yang Ditangani Psikiater

Penyakit yang biasa ditangani oleh Psikiater adalah:

– Depresi

– Gangguan kecemasan

– Fobia

Obsessive-Compulsive Disorder (OCD) atau gangguan obsesif kompulsif

-  PTSD (Post-Traumatic Stress Disorder) atau gangguan stres pascatrauma

– Gangguan kepribadian

– Skizofernia dan paranoid

– Gangguan mood, seperti gangguan bipolar

– Gangguan makan, seperti anoreksia dan bulimia

– Insomnia

– Kecanduan obat-obatan atau minuman beralkohol

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

20 Daftar Prodi PPDS UB

20 Daftar Prodi PPDS UB

PPDS UB Universitas Brawijaya (UB) melalui Fakultas Kedokteran (FK) membuka peluang bagi para dokter untuk...

Daftar 14 Prodi PPDS UNAND

Daftar 14 Prodi PPDS UNAND

Universitas Andalas (Unand), sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia, menawarkan Program Pendidikan...