Menjelajahi Pesona Alun-Alun Kota Malang: Simbol Sejarah dan Keindahan Kota Bunga

by | Jul 25, 2023 | Blog, Wisata | 0 comments

Kota Malang, yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, memiliki beragam daya tarik wisata.

Salah satunya adalah Alun-alun Kota Malang disebut juga Alun-alun Merdeka Malang, suatu tempat yang tidak hanya menjadi pusat kegiatan masyarakat, tetapi juga memiliki nilai sejarah dan keindahan alam yang menakjubkan.

Mari kita jelajahi lebih dalam tentang pesona Alun-Alun Kota Malang.

Sejarah Alun-Alun Kota Malang

Alun-Alun Kota Malang telah ada sejak zaman kolonial Belanda, sekitar abad ke-18 atau pada tahun 1882. Pada awalnya, alun-alun ini digunakan sebagai tempat untuk kegiatan komersial dan pasar. Namun, seiring berjalannya waktu, Alun-Alun Kota Malang berubah menjadi ruang terbuka publik yang penting, yang menjadi pusat kegiatan sosial dan budaya masyarakat.

Merujuk Jurnal Arsitektur karya Dindar Rahajeng, Antariksa, dan Fadly Usman, dalam kurun waktu tahun 1767 hingga awal 1870-an, Malang masih menjadi sebuah kabupaten yang berpusat di Alun-alun Merdeka. Saat itu, Alun-alun Merdeka hanyalah sebuah lapangan rumput besar yang berada diantara 4 ruas jalan.

Mutiah dan Jenny Ernawati dalam jurnal penelitiannya menjelaskan, pemerintah Hindia Belanda mulai merasa tak senang akan hal itu, karena dianggap menghilangkan hegemoni kekuasaan Belanda. Pusat pemerintahan pun dipindah dan dibangun kembali di sisi utara yaitu di sekitar taman J.P. Coen yang kini dikenal sebagai kawasan Alun-alun Tugu.

Hingga pada tahun 1882, lapangan besar ini diubah menjadi Alun-alun Merdeka yang tujuannya dapat berfungsi sebagai ruang publik. Alun-alun Merdeka dibangun setelah adanya beberapa bangunan penting seperti kantor asisten residen (1824), kantor bupati atau pendopo (1839), dan Masjid Jami’ (1875).

Meskipun telah diresmikan sebagai ruang publik. Alun-alun Merdeka lantas tak langsung menjadi area rekreasi warga yang bersahabat. Kondisi alun-alun sangat tidak mencerminkan sebagai taman kota yang layak guna. Tempatnya gersang, kusam, dan tidak memiliki fasilitas khusus.

Hingga akhirnya pada tahun 2015 lalu, pemerintah Kota Malang merevitalisasi ruang publik ini menjadi wisata alternatif. Lokasinya jadi jauh lebih hijau, sejuk, dan banyak didapati fasilitas menarik. Perubahan baik ini kemudian berakhir dengan kemenangan Kota Malang atas dua Piala Adipura di tahun 2015 dalam kategori Taman Terbaik Nasional dan Kota Layak Anak.

Fasilitas

Masyarakat lebih mengenal alun alun merdeka sebagai alun alun Malang apalagi setelah tahun 2014 tempat ini direvitalisasi.

Semakin banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan di alun alun Malang, seperti berikut ini

Bersantai di Bawah Pohon

Setelah dirombak total, kawasan alun alun Malang banyak ditumbuhi pepohonan besar dan rindang. Hal ini bertujuan untuk menjadikan alun alun bagian dari ruang hijau yang ada di kawasan kota.

Di bawah pohon pohon ini biasanya warga duduk santai menikmati suasana kota Malang yang dingin dan sejuk.

Tidak jarang mereka juga melakukan piknik bersama keluarga di sekitar area alun alun Malang.

Tersedia juga kursi santai, gazebo mini, dan kursi panggung yang bisa menjadi tempat kamu duduk melepas penat.

Bermain Bersama Anak

Alun alun Malang juga sangat cocok menjadi tempat wisata bagi keluarga berkat fasilitas yang disediakan. Disini kamu bisa menemukan banyak wahana permainan yang bisa dimainkan anak-anak hingga puas.

Mainan sederhana seperti ayunan, jungkat jungkit, hingga perosotan tersedia dan terawat dengan baik. Anak kamu bisa bermain bersama teman sebaya di wahana permainan ini dengan aman.

Letak taman bermain ini juga berada persis di bawah pohon beringin besar yang rindang sehingga tidak akan kepanasan. Berkunjung ke alun alun Malang bersama keluarga bisa jadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu luang.

Tempat Duduk

Juga ada 61 kursi kayu, 11 kursi beton, 88 kursi besi dan kursi beton besar melengkung mengitari air mancur di tengah taman. Untuk menambah keasrian, 20 tumbuhan hias ditanam. Pohon beringin yang berusia ratusan tahun dibiarkan tegak berdiri mengelilingi bundaran alun-alun.

Berolahraga

Fasilitas lain yang juga tersedia di alun alun Malang ini adalah fasilitas olahraga. kamu bisa bebas berolahraga di sekitar kawasan alun alun memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan.

Biasanya saat pagi atau sore hari banyak pengunjung yang datang untuk berlari mengelilingi alun alun. Jogging trek yang sudah disediakan menjadi lintasan berlari yang sejuk karena berada di bawah naungan pohon.

kamu juga bisa bersepeda di jalur sepeda yang tersedia tanpa takut mengganggu pengunjung lainnya. Selain bisa melepas penat, olahraga di alun alun Malang ini dapat membuat badan kamu menjadi sehat.

Alun alun Malang memiliki banyak spot menarik yang bisa kamu pilih sebagai tempat berfoto yang apik. Misalnya seperti area air mancur yang saat malam hari terlihat semakin indah dengan lampu sorot beraneka warna.

Dari spot air mancur ini kamu bisa mendapatkan gambar Masjid Jami’ Malang dengan sangat jelas. Selain itu saat siang hari, burung merpati yang berkeliaran bebas di alun alun bisa jadi objek berfoto yang menarik.

Tempat yang juga tidak boleh dilewatkan tentu saja tulisan Alun Alun Malang yang berada di area taman. kamu juga bisa menemukan tulisan lain seperti I Love Ngalam yang bisa menjadi tkamu kamu sudah mengunjungi Kota Apel ini.

Fasilitas Lain

Ada beberapa wahana yang ada di alun-alun ini seperti playgroundskatepark, air mancur menari, amphiteaterphotobooth, papan catur raksasa, dan ruang bagi ibu menyusui.

Berkat adanya revitalisasi, alun-alun jadi semakin semarak dan multi guna. Banyak diantara kegiatan-kegiatan religi atau bahkan sosial yang dilaksanakan di tempat ini.

Tempatnya yang berdekatan dengan tempat peribadatan seperti Masjid Agung Jami’ dan Gereja Immanuel jadi simbol makna bahwa Kota Malang bersifat religius.

Alun-Alun Kota Malang merupakan tempat yang menggabungkan keindahan alam, sejarah, dan kehidupan masyarakat dalam satu tempat yang menarik. Bagi pengunjung, Alun-Alun ini menjadi destinasi populer untuk menikmati kehidupan lokal dan mengeksplorasi keunikan kota bunga ini. Jadi, jika Anda berkunjung ke Kota Malang, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi pesona Alun-Alun Kota Malang yang menakjubkan ini.

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

18 Jurusan di Fakultas Teknik

18 Jurusan di Fakultas Teknik

Fakultas teknik adalah fakultas yang menjanjikan masa depan yang cerah. Lulusan fakultas teknik memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin dan inovator di berbagai bidang.