Perbedaan Bidan Dengan Dokter Kandungan

by | Apr 21, 2020 | Berita | 0 comments

Perbedaan bidan dan dokter kandungan terletak pada metode yang mereka peroloh selama pelatihan, dan cara mereka menangani ibu hamil hingga persalinan. Bidan biasanya berfokus pada kesehatan seksaul dan reproduksi para perempuan disamping kehamilan, persalinan dan perawatan pasca melahirkan.

Seorang bidan bertugas menolong ibu hamil untuk melahirkan. Selama kehamilan yang dijalani tidak berisiko, dan tidak ada komplikasi, maka proses persalinan normal bisa dilakukan oleh bidan. Akan tetapi, saat bidan mengalami komplikasi saat persalinan atau kehamilan yang berisiko tinggo, maka penanganannya harus diserahkan pada dokter kondungan atau spesialis obstetri dan ginekolog.

Selain metode yang digunakan, perbedaan bidan dan dokter kandungan terlihat pada kedekatan tenaga medis tersebut dengan masyarakat. Bidan cenderung terjun langsung ke masyarakat, dan sering datang ke rumah untuk mendampingi proses persalinan, sehingga lebih dekat dengan pasien. Sedangkan dokter kandungan biasanya hanya bisa ditemui di rumah sakit.

Dalam kasus kehamilan berisiko tinggi, seorang bidan membutuhkan bantuan dokter kandungan untuk bisa membantu kelahiran bayi dengan selamat. Bila operasi caesar perlu dilakukan, hanya dokter kandungan yang mampu menanganinya, karena dokter kandungan sudah dilatih untuk itu. Bila ibu hamil punya masalah kesehatan serius, maka bidan dan dokter kandungan bisa bekerjasama untuk menanganinya selama kehamilan dan persalinan.

 

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”