Perbedaan Dokter Kulit Dengan Dokter Kecantikan

by | Apr 21, 2020 | Berita

Tahukah Anda bahwa merawat kulit sama pentingnya dengan merawat organ tubuh yang lain? Jika muncul keluhan yang mengganggu pernafasan atau pencernaan, Anda perlu mengonsultasikannya pada ahli kesehatan. Begitu juga dengan kulit wajah, setiap bentuk iritasi yang terjadi pada kulit perlu diperhatikan agar tak semakin parah, yang menjadi permasalahan adalah ke mana seseorang perlu memeriksakan kulit wajahnya?

Tersedianya dokter kulit dan dokter kecantikan kadangkala membuat seseorang bingung ke mana ia harus memeriksakan iritasi kulit wajah tersebut. Apa sih perbedaan Dokter Kecantikan dan Dokter kulit? Untuk mempermudah pencarian, berikut ini Sociolla membagikan beberapa perbedaan antara dokter kulit dan dokter kecantikan, yaitu:

  1. Dokter kulit

Seseorang yang menempuh pendidikan berkenaan dengan berbagai penyakit kulit, termasuk penyebabnya, gejalanya, struktur kulit, fungsi lapisan kulit dan cara penanganannya. Pendidikan yang ditempuh memakan waktu sekitar 4 tahun, masih ditambah lagi beberapa bulan atau tahun untuk mengambil bidang spesialis. Selama itu pula seseorang dibekali ilmu untuk mendiagnosa berbagai penyakit kulit, serta mempunyai wewenang untuk melakukan tindakan operasi pada kulit.

Dokter kulit memahami betul jika terjadi luka pada kulit, lapisan mana yang diserang, bagaimana cara menyembuhkannya. Area kulit yang bisa ditangani oleh seorang dokter kulit pun tidak hanya mencakup wajah saja. Jika Anda bermasalah dengan gangguan kulit di bagian tangan, kaki, kepala, perut, dan sebagainya, Anda bisa mengonsultasikannya ke dokter kulit.

  1. Dokter kecantikan

Dokter kecantikan pada umumnya memerlukan waktu yang tidak terlalu lama untuk memperoleh pendidikan di bidang kesehatan dan kecantikan kulit. Selama pendidikan pun seseorang tidak hanya dibekali dengan teori, namun juga keterampilan dan praktik. Pada umumnya seorang dokter kecantikan akan diberikan pelatihan untuk melakukan facial, perawatan kulit tubuh, perawatan rambut, kuku, dan sebagainya.

Seandainya ada pasien yang bermasalah dengan kulit, seperti flek hitam, menghilangkan bekas luka, bekas jerawat, bekas sengatan matahari, dokter kecantikan dapat mengatasi keluhan tersebut. Tak hanya bisa mengatasi permasalahan yang terjadi di area wajah, dokter kecantikan juga bisa ‘menyembuhkan’ beragam kondisi rambut misalnya saja kering, bercabang, dan mudah rontok.

Itulah perbedaan paling mendasar antara dokter kulit dan dokter kecantikan yang seringkali membuat seseorang bimbang harus pergi kemana saat menghadapi masalah kulit tertentu. Dengan memahami perbedaan tersebut, segala keluhan kulit Anda akan dapat cepat ditangani. Yang terpenting adalah Anda perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum mengunjungi seorang dokter supaya pengobatan berjalan maksimal hasilnya pun memuaskan.

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”