Bimbel Pertamina

by | Jan 11, 2023 | Blog, BUMN

Pertamina adalah sebuah perusahaan negara yang bergerak di bidang energi di Indonesia. Didirikan pada tahun 1957, perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan minyak terbesar di dunia dan merupakan perusahaan minyak dan gas nasional Indonesia. Pertamina bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya energi negara dan melakukan eksplorasi, produksi, dan distribusi bahan bakar, LPG, dan gas.

Perusahaan ini memiliki berbagai macam bisnis di seluruh dunia, termasuk eksplorasi, produksi, pemasaran, dan jasa. Pertamina juga beroperasi di sektor energi baru dan terbarukan, seperti pembangkit listrik tenaga surya dan angin.

Pertamina juga memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Perusahaan ini mempekerjakan jutaan orang di seluruh Indonesia dan memberikan dukungan finansial kepada pemerintah dan berbagai proyek sosial dan ekonomi.

Perusahaan ini juga sering mengalami masalah dalam hal manajemen dan keuangan, yang membuat pemerintah harus sering turun tangan dalam mengambil keputusan penting. Namun Pertamina selalu berusaha untuk memperbaiki kinerja dan transparansi perusahaan.

Peran Pertamina Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Secara umum Pertamina merupakan perusahaan yang cukup penting dalam perekonomian Indonesia, sangat berperan dalam pembangunan energi negara dan dalam memenuhi kebutuhan dasar warga negara akan bahan bakar dan gas. Namun masih diharapkan agar Pertamina lebih meningkatkan transparansi dan kinerja dalam mengelola perusahaan yang sangat penting bagi negara.

Selain itu, Pertamina juga berusaha untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitasnya melalui berbagai inisiatif dan program. Salah satu contohnya adalah program peningkatan efisiensi energi dan reduksi emisi gas rumah kaca, yang bertujuan untuk mengurangi konsumsi energi dan menurunkan emisi gas rumah kaca dari operasi perusahaan. Pertamina juga telah mengimplementasikan program pengelolaan lingkungan yang baik untuk menjamin bahwa operasinya tidak merugikan lingkungan.

Pertamina juga terlibat dalam berbagai proyek strategis dan kerjasama dengan perusahaan minyak dan gas lainnya dari berbagai negara. Hal ini dilakukan untuk memperkuat posisi Pertamina di pasar global dan meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasionalnya.

Sebagai perusahaan minyak dan gas nasional, Pertamina juga memainkan peran penting dalam menyediakan bahan bakar dan gas kepada masyarakat Indonesia. Pertamina mengelola jaringan stasiun bahan bakar yang luas di seluruh negara dan juga memasok bahan bakar dan gas ke berbagai industri dan sektor ekonomi lainnya.

Secara keseluruhan, Pertamina merupakan perusahaan yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia dan berperan dalam menyediakan sumber daya energi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Namun, perusahaan ini juga menghadapi berbagai tantangan dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitasnya serta memenuhi standar lingkungan dan sosial yang semakin ketat.

Bekerja di Pertamina

Bekerja di Pertamina dapat menjadi pilihan yang menarik bagi individu yang tertarik pada dunia energi dan ingin berkontribusi dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Sebagai perusahaan negara yang besar dan terkemuka, Pertamina menyediakan berbagai macam kesempatan kerja dan karir bagi para profesional dan lulusan terbaik dari berbagai bidang.

Beberapa posisi yang dapat ditemukan di Pertamina antara lain :

  • Engineer: Pertamina mencari insinyur dengan berbagai spesialisasi, seperti mekanik, elektrik, chemical, geologi dan lain-lain.
  • Human Resource : Pertamina membutuhkan professional yang mumpuni dalam bidang SDM untuk mendukung kebutuhan dan perkembangan karir pegawainya.
  • Keuangan & Akuntansi: Pertamina mencari profesional dengan kompetensi dalam bidang keuangan dan akuntansi untuk mendukung pengelolaan keuangan perusahaan.
  • Sales & Marketing : Pertamina membutuhkan professional di bidang sales dan marketing untuk meningkatkan pemasaran produk dan jasa perusahaan
  • Teknik : Pertamina mencari professional dalam bidang teknik untuk mendukung operasional perusahaan.

Bekerja di Pertamina juga menawarkan berbagai keuntungan, seperti gaji yang kompetitif, paket benefit yang baik, peluang karir yang luas dan kesempatan untuk berkontribusi dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Namun, sebagai perusahaan negara, proses rekrutmen dan seleksi bisa cukup ketat dan kompetisi yang cukup tinggi.

Selain itu, bekerja di Pertamina juga dapat menawarkan kesempatan untuk bekerja di berbagai lokasi, baik di dalam maupun di luar negeri, sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dalam konteks ini, Pertamina memiliki berbagai proyek dan operasi di berbagai wilayah di Indonesia dan juga di luar negeri.

Adapun segi karir, Pertamina menawarkan kesempatan karir yang luas bagi para pegawainya dengan memiliki program pengembangan karir yang baik. Hal ini dapat dilakukan melalui pelatihan, pendidikan, serta program pengembangan diri yang diadakan oleh perusahaan.

Kesempatan untuk bekerja di Pertamina juga terbuka untuk para fresh graduate yang ingin merintis karir di dunia energi, selama memiliki kualifikasi yang dibutuhkan. Pertamina mengadakan program magang dan kerja praktek untuk menjaring talenta-talenta muda di berbagai bidang.

Secara umum, bekerja di Pertamina dapat menjadi pilihan yang menarik bagi individu yang ingin berkarir dalam dunia energi dan ingin berkontribusi dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Namun, seperti perusahaan lain, bekerja di Pertamina juga memerlukan komitmen yang tinggi, kerja keras, serta kompetensi yang mumpuni.

Selain itu, Pertamina juga mengutamakan profesionalisme, integritas, dan kejujuran dalam bekerja. Hal ini penting untuk memastikan bahwa perusahaan dapat menjalankan operasinya dengan baik dan transparan, serta memenuhi standar yang ditetapkan oleh pemerintah dan komunitas. Bekerja di Pertamina juga menuntut para pegawai untuk selalu mengejar kinerja yang optimal, inovatif dan mengedepankan kesehatan dan keselamatan kerja.

Selain itu, Pertamina juga menerapkan sistem penilaian kinerja yang kompetitif dan transparan serta memberikan kesempatan bagi para pegawainya untuk mengejar karir dan kesuksesan dalam organisasi. perusahaan juga memberikan kesempatan dan dukungan yang cukup bagi pegawainya untuk meningkatkan kompetensi dan skill yang diperlukan dalam bekerja.

Secara keseluruhan, bekerja di Pertamina dapat menjadi pilihan yang menarik bagi individu yang tertarik pada dunia energi dan ingin berkontribusi dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Namun, sebagai perusahaan yang cukup besar dan kompleks, bekerja di Pertamina juga menuntut komitmen yang tinggi, kerja keras, serta kompetensi yang mumpuni dan tetap memperhatikan etika dalam bekerja.

Ingin menjadi bagian dari BUMN Pertamina dan menikmati berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh perusahaan milik negara?

Ayo ikuti bimbingan belajar BUMN BIC! Program ini akan memberikan Anda informasi yang dibutuhkan tentang BUMN, proses seleksi, dan persiapan yang diperlukan untuk sukses dalam tahap seleksi.

Kamu akan belajar dari para ahli yang berpengalaman di bidang ini dan dapat berdiskusi dengan sesama calon kandidat yang memiliki minat yang sama.

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengejar impian Anda dan bergabung dengan BUMN. Ayo segera daftar untuk bimbingan belajar program BUMN kami sekarang juga!

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

20 Daftar Prodi PPDS UB

20 Daftar Prodi PPDS UB

PPDS UB Universitas Brawijaya (UB) melalui Fakultas Kedokteran (FK) membuka peluang bagi para dokter untuk...

Daftar 14 Prodi PPDS UNAND

Daftar 14 Prodi PPDS UNAND

Universitas Andalas (Unand), sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia, menawarkan Program Pendidikan...