PROSPEK JURUSAN KESEHATAN

by | Sep 13, 2019 | Berita

Peluang atau Prospek Pekerjaan Jurusan Kedokteran Yang Menjanjikan

         Prospek pekerjaan dari jurusan kedokteran dilihat dari lembaga survei memperlihatkan jurusan kedokteran merupakan jurusan yang paling banyak di minati pada Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta. Tidak hanya jurusan kedokteran saja yang paling banyak diminati,m seperti halnya kedokteran gigi, hewan, ilmu gizi dan serumpunya banyak diminati oleh calon mahasiswa.

Penyebabnya adalah profesi dokter memiliki nama dan gelar yang bagus dan dapat hadir sebagai sosok pahlawan di tengah tengah masyarakat, belum lagi jaminan akan besarnya peluang pekerjaan, tingginya kesejahteraan dan kemampuan dokter untuk bersikap mandiri. Disini akan kita jelaskan bagaimana peluang atau prospek jurusan kedokteran serta jurusan yang serumpunnya.

  1. Kedokteran Umum

         Bagi kalian yang berkuliah atau yang ingin berkuliah di jurusan kedokteran umum ini memiliki prospek pekerjaan yang sangat banyak, maka Kamu bisa menjadi dokter umum. Profesi dokter umum sangat menjanjikan karena Kamu bisa bekerja di rumah sakit maupun buka praktik sendiri, lalu bisa menjadi PNS, menjadi dokter di rumas sakit swasta atau klinik kesehatan.

Kesempatan lulusan kedokteran untuk bekerja sebagai tenaga pendidik atau dosen juga terbuka lebar, lulusan kedokteran bisa mengajukan lamaran pekerjaan ke institusi pendidikan negeri maupun swasta. Contohnya saja bisa kita lihat di mana seorang dokter mengajar di Akademi Kebidanan atau Akademi Keperawatan swasta yang telah banyak menjamur, juga bisa menjadi staf akademik di fakultas kedokteran.

  1. Kedokteran Gigi

            Bagi Kamu yang berkuliah di jurusan kedokteran gigi, Kamu bisa menjadi dokter gigi ahli bedah gigi ataupun menjadi seorang perawatan gigi. Atau dapat bekerja di pemerintahan Seperti bekerja di departemen TNI,atau kepolisian. Seorang dokter gigi juga dapat bekerja sebagai seorang dosen. atau dapat juga sebagai seorang peneliti di sebuah penelitian ternama di sebuah lembaga pemerintahan baik itu swasta ataupun bukan.

 

  1. Kedokteran Hewan

            Peluang yang di dapatkan oleh seorang dokter hewan memang cukup sangat besar yaitu sebagai pemegang tentang kesehatan hewan satwa yang ada di indonesia ataupun luar Indonesia. Dokter hewan selalu mengecek akan kesehatan dari semua hewan, dan keamanan pangan, dan masih banyak peluang lainnya. Selain itu juga seorang dokter hewan dapat mengabdi di bagian departemen pertanian, pemerintah daerah, swasta, serta dapat juga menjadi bagian dari anggota medis satwa, atau juga dapat membuka klinik sendiri yaitu membuka klinik dokter hewan di sekitar masyarakat yang nantinya juga akan mempermudah masyarakat dalam mendeteksi penyakit yang diderita oleh hewan yang dimilikinya

  1. Ilmu Gizi

            Dengan adanya upaya pemerintah untuk melakukan program perbaikan gizi sampai ke seluruh pelosok Indonesia, maka peran para lulusan Ilmu Gizi sangat dibutuhkan. Jadi, apabila kamu memilih prodi ini, kamu bisa turut berkarya dalam mengupayakan kesehatan masyarakat secara menyeluruh. Lulusan prodi Ilmu Gizi akan memeroleh gelar Sarjana Gizi (S.Gz), dan memiliki prospek kerja sebagai konsultan gizi baik di klinik, rumah sakit, dan puskesmas. Lulusan ilmu gizi juga dapat berkarir di perusahaan yang bergerak di industri pangan, seperti perusahaan pengolahan makanan kaleng, atau katering makanan diet.

  1. Kesehatan Masyarakat

            Prospek kerja kesehatan masyarakat pertama cukup lazim ditekuni oleh Sarjana Kesehatan Masyarakat di Indonesia, yaitu jadi Administrator Layanan Kesehatan Masyarakat, Staf Keselamatan Dan Kesehatan Kerja,  Bekerja Di Bagian Promosi Kesehatan, Staf Gizi Kesehatan Masyarakat, dan juga bisa bekerja di perusahaan asuransi kesehatan.

  1. Keperawatan/Kebidanan

            Di industri kesehatan, tenaga perawat sangat dibutuhkan. Apalagi, sekarang perawat juga sudah terspesialisasi. Beberapa di antaranya adalah keperawatan medikal bedah, keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan gerontik, keperawatan jiwa, keperawatan gawat darurat, manajemen keperawatan, serta keperawatan keluarga dan komunitas. Prospek lainnya yaitu sepertiMedical Representative, Manajer Data Klinis,  Paramedis Dan Teknisi Medis Gawat Darurat

(by: Hisyam JH)

 

 

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”