PROSPEK JURUSAN TEKNIK MESIN

by | Sep 13, 2019 | Berita

Prospek Jurusan Teknik Mesin

         Apa itu teknik mesin? Teknik mesin dikenal juga sebagai teknik mekanika yang mempelajari prinsip-prinsip fisika yang kemduian diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktuir, dan pemeliharaan mesin. Program studi ini bertujuan untuk mencetak lulusan yang memiliki bekal pengetahuan dasar teknik kuat sehingga mampu merancang, membuat, menggunakan, dan mengelola mesin dan sistem yang berkaitan dengan permesinan.

Selain itu di jurusan Teknik Mesin juga akan belajar konversi energi seperti motor bakar, sistem termal dan mesin fluida. Serta bagaimana merancang suatu mesin yang efisien mulai dari gambar teknik, modeling, simulasi sampai pembuatan prototipe mesin tersebut.            Berikut prospek jurusan teknik mesin yaitu sebagaii berikut:

1.Perancang Mesin

Salah satu bidang di teknik mesin adalah desain dan konstruksi. Di teknik mesin kalian akan belajar bagaimana merancang sebuah mesin, mulai dari menggambar modelnya hingga memilih bahan dan proses untuk pembuatannya. So, prospek kerja teknik mesin satu ini sangat layak kamu dapatkan ketika kamu memang fokus di desain dan kontruksi di perkuliahan.

  1. Konsultan

Prospek kerja teknik mesin lainnya adalah sebagai konsultan teknik. Banyak perusahaan yang butuh pihak ketiga untuk menyelesaikan permasalahan di industri mereka. Misalnya ada kerusakan pada bagian mesin pabriknya dan tidak bisa ditangani oleh karyawan, mereka akan mendatangi konsultan untuk memecahkan masalah tersebut.

  1. Perminyakan

Seorang insinyur teknik mesin sangat dibutuhkan di industri ini. Contoh perusahaan bonafit di sektor ini adalah Pertamina atau perusahaan-perusahaan minyak besar di Arab sana. Salah satu contoh pekerjaan di sektor ini adalah insinyur pemimpaan.

4.Maintenance Engineer

Bagian maintenance atau pemeliharaan adalah bagian wajib yang mesti ada di setiap industri, industri apapun! Sehingga ini menjadi prospek kerja teknik mesin yang setiap tahun menyerap banyak tenaga baru. Kalau dalam ilmu tekniknya kalian akan mengenal preventif, pediktif dan jenis-jenis pemeliharaan lainnya.

  1. Membuka Jasa Service Bengkel

Mungkin ada yang sering dengar cemooh masyarakat “buat apa kuliah di teknik mesin kalau ujung-ujungnya hanya kerja di bengkel juga”. Mungkin di pikiran mereka kuliah 4 tahun di teknik mesin itu cuma belajar cara menjadi montir, memperbaiki mobil dan lainnya. Padahal hal itu hampir tidak ada. Pun kalau akhirnya kalian bekerja di bengkel, tentu bukan sebagai montirnya tetapi pemiliknya atau seseorang yang bekerja di balik meja.

6.Instansi pemerintah

Kesempatan berkarir lulusan teknik mesin tidak hanya terbatas di sektor swasta, teman-teman. Kalian bisa juga berkarir sebagai “abdi negara” dengan bekerja di instansi negara. Contoh instansi negara yang bisa dimasuki lulusan teknik mesin adalah IPTN dan BPPT.

  1. Perusahaan alat dapur

Selanjutnya di prospek kerja teknik mesin, ada perusahaan alat dapur. Tahukah kalian apa material yang digunakan untuk membuat alat dapur? Kalau kalian jawab aluminium, pengetahuanmu kuno sekali. Aluminium itu digunakan untuk peralatan dapur biasa dan murah sebab gampang lengket. Material yang lebih baik adalah teflon dan lainnya. Untuk bagian material-material ini, anak teknik mesin paling ngerti.

(by: Hisyam JH)

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”