PROSPEK TEKNIK MATERIAL DAN METALURGI

by | Sep 13, 2019 | Berita

Prospek Jurusan Teknik Material dan Metalurgi

         Teknik Metalurgi adalah bidang ilmu keteknikan yang membahas tentang proses pengolahan mineral (termasuk pengolahan batubara), proses ekstraksi logam dan pembuatan paduan, hubungan perilaku sifat mekanik logam dengan strukturnya, proses penguatan logam serta fenomena-fenomena kegagalan dan degradasi logam.

Sedangkan Teknik Material adalah bidang ilmu keteknikan yang membahas tentang sifat-sifat bahan dan hubungan antara struktur bahan dan sifatnya serta mempelajari tentang desain berbagai jenis material (logam, plastik, keramik, komposit) untuk aplikasi tertentu.

Pelajaran yang dipelajari di Teknik Metalurgi seperti pengolahan mineral (mineral dressing), ekstraksi logam dan pemurniannya, perekayasaan sifat fisik logam (physical metallurgy), proses produksi logam (mekanichal metallurgy), teknologi perancangan dan pengoperasian sistem-sistem metalurgi hingga fenomena kegagalan struktur logam akibat beban mekanik dan degradasi logam akibat berinteraksi dengan lingkungannya termasuk pengendaliannya, serta teknologi daur ulang.

Sedangkan lingkup ilmu Teknik Material adalah mengenai teknik proses atau fabrikasi (pengecoran, pengerolan, pengelasan, dan lain-lain), teknik analisa, kalorimetri, mikroskopi optik dan elektron, dan lain-lain), serta analisa biaya atau keuntungan dalam produksi material untuk industri.

Prospek kerja yang berasal dari lulusan Teknik Materila dan Metalurgi, yaitu sebagai berikut:

  1. Olahraga

Loh kok jadi atlit? Tentu saja bukan, maksudnya adalah perusahaan yang memproduksi peralatan olahraga seperti sepeda, skateboard, skiing dan lainnya. Hal ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi lulusan teknik material yang sangat menyenangi berolahraga. Selain itu, teknologi di dalam pembuatan alat olahraga juga tidak kalah bersaingnya dengan teknologi di bidang elektronik.

Salah satu material yang sekarang dikembangkan di bidang olahraga adalah komposit yang merupakan material campuran dari material seperti logam, polimer atau keramik. Komposit adalah material yang ringan namun mampu menghasilkan kekuatan yang lumayan dan material ini menjadi tren riset pada saat ini.

  1. Perminyakan dan Pertambangan

Bidang ini tentu saja tidak asing bagi kita semua dan banyak mahasiswa yang kepingin banget masuk dan bekerja di perusahaan – perusahaan seperti pertamina, conoco phillips, total, petronas. Umumnya Anda akan ditempatkan di lokasi yang sangat terpencil namun tidak perlu kuatir karena akan diimbangi oleh gaji yang besar, fasilitas yang sangat mewah dan banyak hal yang bisa didapatkan ketika bekerja di bidang ini. Lulusan teknik material dapat menjadi seorang field engineer atau jika sudah mempunyai pengalaman maka dapat berkarir di bidang manajemen perusahaan minyak atau tambang tersebut.

  1. Baja

            Pertumbuhan pembangunan dan otomotif yang sangat memerlukan baja yang berkualitas menjadi pemicu industri baja untuk dapat terus berkembang di negeri kita yang tercinta ini. Dengan kapasitas produksi baja sebesar 4.43 juta ton per tahunnya dan ditambah dengan berdirinya Krakatau Posco dan penambahan kapasitas produksi baja jenis lainnya maka lulusan teknik material bidang logam sangat dibutuhkan. Baja adalah kerjaan insinyur material dan hanya merekalah yang mengerti baja dengan sebenar-benarnya. Prospek bekerja di perusahaan baja juga lumayan baik dan layak dicoba.

  1. Kedokteran dan Kesehatan

            Mungkin ada yang awalnya ingin menjadi dokter namun tidak kesampaian maka ini adalah alternatif pilihan Anda. Penasaran pin terbuat dari material apa? Mengapa tulang bisa digantikan dengan logam? Logam seperti apa itu? Ilmuwan materiallah yang berkutat di dalam hal seperti ini dan tentu saja perkembangan dan inovasi di dalam bidang ini akan menjadi terobosan yang membantu orang banyak. Pada dasarnya material yang dikembangkan adalah material yang tahan dan tidak berbahaya kepada tubuh manusia sehingga dapat diimplantasi ke tubuh manusia.

  1. Elektronika dan Komputer

            Yang menyukai elektro atau teknologi terkini maka bisa berpeluang memperoleh karir di perusahaan elektronik dan komputer. Material yang didalami adalah material elektronik dan sekarang ini ilmuwan banyak melakukan penelitian di bidang semikonduktor yang dapat menghantarkan listrik dengan efisiensi yang tinggi pada suhu tertentu.

(by: Hisyam JH)

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”