Seleksi Mandiri UNDIP 2023

by | May 21, 2023 | Berita, Universitas | 0 comments

Seleksi Mandiri UNDIP – Universitas Diponegoro (Undip) membuka penerimaan jalur seleksi mandiri Ujian Mandiri Sarjana secara online 12 Mei-22 Juni 2023

1. Ujian Mandiri

Ujian Mandiri (UM) Program Sarjana merupakan seleksi secara mandiri yang diselenggarakan oleh Universitas Diponegoro melalui metode penilaian,

  1. Tes tertulis dan
  2. Makalah wawasan kebangsaan.

PERSYARATAN PESERTA UJIAN MANDIRI (UM) S1 :

Persyaratan Umum

    1. Siswa lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (paket C) tahun 2021, 2022 dan siswa yang lulus tahun 2023
    2. Usia pendaftar paling tinggi 22 tahun pada saat mendaftar.

Persyaratan Khusus

  1. Lulus tes membedakan warna sesuai dengan tuntutan keilmuan, untuk program studi Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Gizi, Farmasi, Kesehatan Masyarakat, Peternakan, Teknologi Pangan, Agroekoteknologi, Agribisnis, Fisika, Informatika, Bioteknologi, Manajemen Sumberdaya Perairan, Akuakultur, Perikanan Tangkap, Ilmu Kelautan, Oseanografi, Teknologi Hasil Perikanan, Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Lingkungan, Teknik Perkapalan, Teknik Geologi, Teknik Geodesi yang akan dibuktikan dengan tes Kesehatan.
  2. Lulus ujian Psikometri, untuk program studi Kedokteran, Keperawatan, Farmasi dan Kedokteran Gigi yang akan dilakukan pada saat Registrasi Online calon mahasiswa baru

Catatan Penting : Calon mahasiswa baru yang tidak memenuhi persyaratan umum dan/atau khusus dinyatakan gugur

TATA CARA PENDAFTARAN

  1. Membaca dan memahami persyaratan peserta untuk mendaftar program studi yang dituju.
  2. Membuat user pada website pendaftaran menggunakan email,
  3. Mengisi data diri, data orang tua, dan data pendidikan.
  4. Memilih jalur pilihan UM Sarjana, dan mengisi data sesuai dengan form isian. Pastikan pilihan Anda sudah benar sebelum menyimpan. Setelah menyimpan akan mendapat Nomor Billkey untuk biaya pendaftaran.
  5. Membayar biaya pendaftaran pada bank yang ditunjuk (Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri, Bank Jateng, dan Bank BSI)
  6. Setelah Pembayaran Peserta bisa login kembali ke Akun Pendaftaran klik “Lihat Data”
  7. Melakukan refresh browser untuk melakukan pengecekan  status bayar.
  8. Mengisikan makalah Wawasan Kebangsaan.
  9. Melakukan Upload Berkas (dalam format .pdf).
  10. Apabila status bayar telah berubah segera lakukan Klik “Cetak Kartu Peserta”.  Pastikan data kartu ujian sudah sesuai dan telah tertera jadwal ujian.
  11. Mengikuti ujian sesuai jadwal dan ketentuan yang tertera pada kartu peserta.

MATERI UJIAN 

Materi Ujian UM setara dengan Materi UTBK-SNBT, meliputi :

  1. Tes Potensi Skolastik yang terdiri dari Kemampuan Penalaran Umum; Pengetahuan dan Pemahaman Umum; Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis; Pengetahuan Kuantitatif .
  2. Tes Literasi yang terdiri dari Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris; Penalaran Matematika.

2. Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB)

Kalender Pendaftaran

Pendaftaran Online: 16 Maret – 17 April 2023 (ditutup tanggal 17 April 2023 pukul 12.00 WIB)

Pengiriman Berkas Pendaftaran:  16 Maret – 17 April 2023 (berkas paling lambat diterima Panitia 18 April 2023 pukul 12.00 WIB)

Pengumuman Hasil Seleksi Berkas: 2 Mei 2023

Tes Seleksi Bakat: 4 – 6 Mei 2023) (Kategori Saintek dan Soshum), 15-19 Mei 2023 (Kategori Seni, Tahfidz dan Olahraga)

Pengumuman Hasil Seleksi Tes Seleksi Bakat: 29 Mei 2023

Tes Wawancara: 5 – 7 Juni  2023

Pengumuman Akhir: 12  Juni 2023

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran untuk jalur ini sebesar Rp. 250.000,-

3. International Undergraduate Program (IUP)

Universitas Diponegoro membuka Kelas Internasional Jalur Sarjana S1. Sarjana S1 Internasional (International Undergraduate Program/IUP) dirancang sebagai kelas khusus bagi mahasiswa internasional maupun mahasiswa dalam negeri dengan bahasa Inggris sebagai media komunikasi dalam semua kegiatan di kampus. Kelas IUP dirancang untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing global.

Persyaratan mengikuti seleksi ini :

  1. Siswa lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (paket C) tahun 2021, 2022 dan siswa yang akan lulus tahun 2023.
  2. Memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh program studi.
  3. Usia maksimal 20 tahun.

Tata Cara Mendaftar :

  1. Peserta membuat user pendaftaran menggunakan email
  2. Peserta mengisi data diri dan memilih jalur pilihan UM IUP
  3. Membayar biaya pendaftaran pada bank yang ditunjuk (Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri, Bank BSI, Bank Jateng)
  4. Peserta melakukan cetak kartu peserta
  5. Peserta mengikuti ujian secara daring dan dan wawancara secara daring.

Materi Ujian

  • Tes Potensi Skolastik (TPS) :  Verbal, Logika, dan Numerik
  • Literasi Bahasa Inggris
  • Wawancara dalam Bahasa Inggris

Kalender Pendaftaran

Pendaftaran Online: 16 Maret – 17 April 2023

Ujian Seleksi:  15 Mare 2023

Ujian Wawancara: 16 – 17 Mei  2023

Pengumuman Kelulusan: 30 Mei 2023

Persyaratan

Persyaratan Umum

  1. Siswa lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (paket C) tahun 2021, 2022 dan siswa yang lulus tahun 2023
  2. Usia pendaftar paling tinggi 22 tahun pada saat mendaftar.

Persyaratan Khusus

  1. Kemampuan membedakan warna sesuai dengan tuntutan keilmuan, untuk program studi Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Gizi, Farmasi, Kesehatan Masyarakat, Peternakan, Teknologi Pangan, Agroekoteknologi, Agribisnis, Fisika, Informatika, Bioteknologi, Manajemen Sumberdaya Perairan, Akuakultur, Perikanan Tangkap, Ilmu Kelautan, Oseanografi, Teknologi Hasil Perikanan, Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Lingkungan, Teknik Perkapalan, Teknik Geologi, Teknik Geodesi yang akan dibuktikan dengan tes Kesehatan.
  2. Psikometri, untuk program studi Kedokteran, Keperawatan, Farmasi dan Kedokteran Gigi yang akan dilakukan pada saat Registrasi Online calon mahasiswa baru

 

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Dalam era globalisasi ini, memilih universitas yang berkualitas adalah langkah penting dalam meraih pendidikan yang baik dan masa depan yang cerah. Namun, dengan banyaknya pilihan universitas yang tersedia, bagaimana kita dapat memastikan bahwa institusi yang kita pilih memiliki standar pendidikan yang tinggi dan diakui secara resmi?

18 Jurusan di Fakultas Teknik

18 Jurusan di Fakultas Teknik

Fakultas teknik adalah fakultas yang menjanjikan masa depan yang cerah. Lulusan fakultas teknik memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin dan inovator di berbagai bidang.