7 SMA Semi Militer Di Pulau Jawa

by | Mar 20, 2023 | Blog

SMA semi militer adalah jenis sekolah yang menggabungkan pendidikan umum dengan pelatihan kedisiplinan dan keterampilan militer. SMA semi militer dikenal dengan sebutan sekolah dengan sistem pendidikan dual yaitu pendidikan akademik dan pelatihan kemiliteran.

SMA ini biasanya menawarkan program pendidikan yang sama dengan SMA pada umumnya, seperti pelajaran Matematika, Sains, Bahasa Inggris, Sejarah, dan lain-lain. Namun, selain itu, mereka juga memberikan pelatihan militer, seperti drill, pertahanan diri, dan permainan perang seperti paintball.

Tujuannya adalah untuk mengembangkan karakter siswa, termasuk kedisiplinan, tanggung jawab, kerja keras, serta rasa nasionalisme dan kebanggaan pada negara. Berikut beberapa SMA yang berbasis semi militer di Indonesia

Daftar SMA Semi Militer di Pulau Jawa

1. SMA Taruna Nusantara

Yang pertama adalah SMA Taruna Nusantara. Merupakan salah satu sekolah menengah atas semi-militer ternama di Indonesia yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah. Sekolah ini didirikan pada tahun 1965 oleh Departemen Pertahanan dan Keamanan Indonesia dengan tujuan untuk melatih para pemimpin masa depan di bidang militer, pemerintahan, dan masyarakat. Menerapkan kurikulum yang ketat dengan menekankan pada disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian sosial.

SMA Taruna Nusantara menerima siswa laki-laki dan perempuan yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia yang telah lulus seleksi yang ketat. Siswa yang diterima harus memiliki kemampuan akademik yang baik, serta fisik dan kesehatan yang prima. Kurikulum SMA Taruna Nusantara terdiri dari dua program yaitu program akademik dan program pelatihan militer.

Website: SMA Taruna Nusantara

2. SMA Krida Nusantara

SMA Krida Nusantara adalah sebuah sekolah menengah atas yang memiliki misi untuk menciptakan siswa-siswa yang berdaya saing, mandiri, dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar.

Sebagai sekolah yang berbasis keterampilan, SMA Krida Nusantara menawarkan program pendidikan yang berfokus pada pengembangan keterampilan dan pengetahuan praktis, sehingga siswa-siswinya siap untuk memasuki dunia kerja atau melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Sekolah ini memiliki kurikulum yang berbeda dengan sekolah-sekolah lainnya. Selain mata pelajaran umum, seperti matematika, bahasa Inggris, dan sejarah, SMA Krida Nusantara juga menyediakan ekstra kurikuler bidang bela negara seperti: pramuka, Paskibra, Pataka, Paskasis dan PMR Dengan kurikulum yang seperti ini, siswa-siswi SMA Krida Nusantara dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan dunia kerja, sehingga mereka lebih siap untuk memasuki dunia kerja setelah lulus.

Website: SMA Krida Nusantara

3. SMA Plus Astha Hannas

SMA Plus Astha Hannas adalah Sekolah Menengah Atas berstandar nasional yang termasuk ke dalam Lembaga Pendidikan Yayasan Astha Hannas yang didirikan oleh Prof. Dr. Ermaya Suradinata, SH., MH., MS. SMA Plus Astha Hannas bertempat di Kecamatan Binong Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat.

Sejak awal didirikan SMA Plus Astha Hannas konsisten dengan visi dan misi nya sebagai tempat pendidikan dan pelatihan untuk membangun para calon pemimpin yang disiplin, berkarakter, dan berwawasan kebangsaan.

Disebut dengan SMA Plus, karena memiliki sifat khusus, dengan sistem pembelajaran Tri Tunggal Terpadu yaitu pengajaran, pelatihan, dan pengasuhan, serta siswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dengan strata sosial yang berbeda, semua berada di dalam asrama, dan diterapkan disiplin yang ketat

Semua itu dilakukan dalam rangka menanamkan kemampuan soft skill dan life skill yang akan bermanfaat dalam pengembangan kepemimpinan di dunia kerja maupun dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dengan fasilitas pendidikan yang akan terus dilengkapi sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan keperluan pendidikan, tenaga pendidik yang kompeten, misi dan visi yang baik, manajemen pendidikan yang layak, dan disiplin sebagai landasan maka SMA Plus Astha Hannas, menjadi sekolah berasrama terbaik di Indonesia. Yang siap mencetak kader putra-putri bangsa yang memiliki integritas dan dedikasi yang tinggi untuk kemajuan bangsa dan Negara di masa yang akan datang.

Website: SMA Plus Astha Hannas

4. SMAN Taruna Nala Jawa Timur

SMANTAR NALA JATIM adalah sekolah negeri unggulan berasrama yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan dibentuk untuk menjawab tantangan masa depan di era global yang membutuhkan pemimpin yang unggul di bidang akademik dan non akademik, memiliki kemandirian dan berkarakter kebangsaan yang kuat.

SMANTAR NALA JATIM menggunakan Kurikulum Nasional 2013 dan mengembangkan pendidikan berasrama yang wajib diikuti oleh semua peserta didik selama menjalani pendidikan di SMANTAR NALA JATIM.

Sistem pendidikan ini memberikan penguatan nilai-nilai religius, kemandirian, tanggung jawab, tangguh, toleransi, berjiwa sosial, berbudi luhur, berjiwa kepemimpinan, dan jujur serta memiliki karakter kebangsaan yang kuat. Program-program untuk peserta didik juga banyak dikembangkan di sekolah ini, antara lain program kewirausahaan, program learning to live (L to L), life skill (kecakapan hidup), program pengabdian masyarakat, dan lain-lain.

Selain itu, peserta didik juga mendapatkan kurikulum khusus bela negara dan kemaritiman yang diampu oleh TNI Angkatan Laut melalui Lembaga Penyediaan tenaga Angkatan Laut (Lapetal) dan Akademi Angkatan Laut (AAL). Kurikulum khusus bela negara dan kemaritiman tersebut meliputi:

  1. Aspek pengetahuan tentang bela negara, wawasan nusantara, ketahanan nasional, wawasan kemaritiman, kepemimpinan, komunikasi, etika, peraturan umum kehidupan sekolah, dan tata upacara.
  2. Aspek ketrampilan yaitu kesamaptaan jasmani (lari, push up, sit up, pull up, shuttle run), ketrampilan jasmani (bela diri karate dan renang), pendidikan baris berbaris, marching band, dan outbond.

Website: SMAN Taruna Nala

5. SMAN 5 Taruna Brawijaya Kediri

SMAN 5 taruna Brawijaya Jawa Timur adalah sekolah unggulan berasrama yang dikelola oleh pemerintah provinsi Jawa Timur dan dibentuk untuk menjawab tantangan masa depan di era global yang menumbuhkan pemimpin yang unggul di bidang akademik dan non akademik memiliki kemandirian dan berkarakter kebangsaan yang kuat. SMAN 5 taruna Brawijaya Jawa Timur menggunakan kurikulum Nasional 2013 dan mengembangkan pendidikan berasrama yang wajib diikuti oleh peserta didik selama menjalani pendidikan di SMAN 5 taruna Brawijaya Jawa Timur.

Sistem pendidikan ini memberikan penguatan nilai-nilai religius, kemandirian, tanggung jawab, tangguh, toleransi, berjiwa sosial, berbudi luhur, berjiwa kepemimpinan, dan jujur serta memiliki karakter kebangsaan yang kuat. peserta didik juga mendapatkan kurikulum khusus bela negara dan kesamaptaan yang di ampu oleh TNI angkatan darat titik kurikulum khusus bela negara dan kesamaptaan.

Website: SMAN 5 Taruna Brawijaya

6. SMA Taruna Bhayangkara

SMA Negeri 2 Taruna Bhayangkara, merupakan satu satunya Sekolah Menengah Atas Negeri dengan jenjang semi kepolisian yang didukung langsung oleh Kepolisian Daerah Jawa Timur yang ada di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN 2 Taruna Bhayangkara ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII. SMAN 2 Taruna Bhayangkara Jawa Timur menerapkan sistem boarding school yang diasuh langsung oleh tenaga pendidik dari guru dan POLRI.

Kurikulum khusus selain Kurikulum Nasional 2013 yang diampu langsung oleh pengasuh dari POLRI meliputi: Pendidikan Bela Negara dan Kebhayangkaraan; Pendidikan Mental Kepribadian; dan Pendidikan Kesamaptaan Jasmani.

Website: SMAN 2 Taruna Bhayangkara Jawa Timur

7. SMA Kebangsaan

SMA Kebangsaan adalah sebuah sekolah menengah atas yang memiliki tujuan untuk mempersiapkan siswa-siswa menjadi generasi yang tangguh, berintegritas, serta mampu bersaing di dunia global. Sebagai sekolah yang berfokus pada nilai-nilai kebangsaan, SMA Kebangsaan juga berupaya untuk meningkatkan rasa cinta tanah air pada siswa-siswinya.

Sekolah memiliki kurikulum yang komprehensif dan berstandar nasional, sehingga siswa-siswinya dapat memperoleh pendidikan yang berkualitas dan sesuai dengan standar pendidikan di Indonesia.

Selain itu, SMA Kebangsaan juga memiliki berbagai program ekstrakurikuler yang beragam, seperti olahraga, seni, dan kegiatan sosial. Salah satu program unggulan dari SMA Kebangsaan adalah program ekskul kebangsaan, yang bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air pada siswa-siswinya.

Program ini meliputi berbagai kegiatan, seperti lomba pidato, lomba lagu kebangsaan, dan kegiatan-kegiatan lain yang berhubungan dengan nilai-nilai kebangsaan.

Website: SMA Kebangsaan

Untuk kamu yang masih duduk di bangku SMP dan ingin melanjutkan sekolah ke jenjang SMA terutama SMA semi militer. Brawijaya Intensive Centre – BIC memiliki program PPDB SMA untuk membantu kalian masuk Sekolah Menengah Atas dengan pendidikan semi militer. Ayo bergabung bersama BIC, BIC “Your Partner for Future”

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

20 Daftar Prodi PPDS UB

20 Daftar Prodi PPDS UB

PPDS UB Universitas Brawijaya (UB) melalui Fakultas Kedokteran (FK) membuka peluang bagi para dokter untuk...

Daftar 14 Prodi PPDS UNAND

Daftar 14 Prodi PPDS UNAND

Universitas Andalas (Unand), sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia, menawarkan Program Pendidikan...