SMA Taruna Nala Jawa Timur: Sekolah Menengah Atas Unggulan yang Berkomitmen pada Pendidikan Berkualitas

by | Mar 24, 2023 | Blog

SMA Taruna Nala Jatim adalah sekolah negeri unggulan berasrama yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan dibentuk untuk menjawab tantangan masa depan di era global yang membutuhkan pemimpin yang unggul di bidang akademik dan non akademik, memiliki kemandirian dan berkarakter kebangsaan yang kuat.

Merupakan salah satu sekolah menengah atas swasta unggulan yang menawarkan pendidikan berkualitas dengan berbagai fasilitas dan program yang terbaik. Dalam upaya untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap bersaing di dunia global, sekolah ini memiliki komitmen yang kuat untuk membangun karakter siswa, serta meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan.

Profil SMA Taruna Nala Jawa Timur

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah bahwa pengelolaan SMA/SMK dan Pendidikan Khusus menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi, maka pada tanggal 1 Oktober 2016 tanggung jawab pengelolaan SMA Negeri 10 Malang Program Leadership Academy beralih ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Kebijakan Gubernur Jawa Timur memandang perlu adanya sekolah unggulan di bidang akademik dan non akademik untuk menjawab tantangan masa depan di era global. Maka dibentuklah SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur yang merupakan pemecahan dari SMA Negeri 10 Malang.

SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur bekerjasama dengan TNI AL berdasarkan atas kesepakatan Piagam Kerja Bersama (PKB) yang ditandatangai oleh Gubernur Jawa Timur dan KASAL (Kepala Staff Angkatan Laut) serta Penandatanganan Kerja Sama (PKS) yang ditandatangai oleh Kadiknas Provinsi dan Kodiklatal, pada hari Selasa tanggal 24 Januari 2017 di Gedung Grahadi Surabaya.

Sumber: SMAN Taruna Nala Jawa Timur

Kurikulum

Menggunakan Kurikulum Nasional 2013 dan mengembangkan pendidikan berasrama yang wajib diikuti oleh semua peserta didik selama menjalani pendidikan di SMANTAR NALA JATIM.

Sistem pendidikan ini memberikan penguatan nilai-nilai religius, kemandirian, tanggung jawab, tangguh, toleransi, berjiwa sosial, berbudi luhur, berjiwa kepemimpinan, dan jujur serta memiliki karakter kebangsaan yang kuat.

Program-program untuk peserta didik juga banyak dikembangkan di sekolah ini, antara lain program kewirausahaan, program learning to live (L to L), life skill (kecakapan hidup), program pengabdian masyarakat, dan lain-lain.

Selain itu, peserta didik juga mendapatkan kurikulum khusus bela negara dan kemaritiman yang diampu oleh TNI Angkatan Laut melalui Lembaga Penyediaan tenaga Angkatan Laut (Lapetal) dan Akademi Angkatan Laut (AAL). Kurikulum khusus bela negara dan kemaritiman tersebut meliputi:

  1. Aspek pengetahuan tentang bela negara, wawasan nusantara, ketahanan nasional, wawasan kemaritiman, kepemimpinan, komunikasi, etika, peraturan umum kehidupan sekolah, dan tata upacara.
  2. Aspek ketrampilan yaitu kesamaptaan jasmani (lari, push up, sit up, pull up, shuttle run), ketrampilan jasmani (bela diri karate dan renang), pendidikan baris berbaris, marching band, dan outbond.

Peserta didik SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur mendapatkan pembekalan diantaranya:

  • Pendidikan bela negara dan kemaritiman
  • Program kewirausahaan
  • Program ekstrakurikuler
  • Life skill (kecakapan hidup)
  • Program pengabdian masyarakat
  • Dan lain-lain.

Pengasuhan

Aspek bimbingan dan pengasuhan yang terdiri atas pengenalan diri, pengembangan karakter, pengembangan kepemimpinan, kerjasama kelompok, manajemen resiko, dan tradisi atau kebiasaan-kebiasaan baik dalam kehidupan berasrama dan sekolah yang dibimbing  dan dipantau terus menerus selama 24 jam dari bangun sampai tidur kembali.

Lulusan

Kurikulum pengembangan Bela Negara dan Kemaritiman dikembangkan dan diampu oleh Personil dari LAPETAL (Lembaga Penyediaan Tenaga TNI Angkatan Laut) dan AAL (Akademi Angkatan Laut).

Diharapkan lulusannya bisa:

  1. 20% siap berkompetisi lulus masuk ke AAL, AAD, AAU dan Akpol yang sudah disiapkan sejak semester I.
  2. 80% sesuai dengan bakat dan minatnya.

Komitmen SMA Taruna Nala pada Pendidikan Berkualitas

SMA Taruna Nala di Malang memiliki komitmen yang kuat pada pendidikan berkualitas. Untuk mencapai tujuan tersebut, sekolah ini memiliki tim pengajar yang profesional dan berpengalaman dalam bidangnya. Selain itu, mereka juga terus berinovasi dalam metode pembelajaran dan menggunakan teknologi modern untuk membantu proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan efisien. Di samping itu, sekolah ini juga memiliki program pengembangan karakter yang bertujuan untuk membentuk siswa menjadi individu yang mandiri, berkarakter, dan siap menghadapi dunia kerja.

Bagi kamu siswa SMP yang ingin masuk SMA Taruna Nala Jawa Timur, persiapkan diri Anda sekarang juga dengan mengikuti bimbel SMA semi militer!

Bimbel SMA semi militer kami menawarkan program bimbel kelas 9 dan program bimbel PPDB masuk SMA semi militer.

**Program bimbel kelas 9 akan membantu Anda untuk:

  • Memahami materi-materi pelajaran kelas 9 yang akan diujikan di PPDB SMA semi militer
  • Meningkatkan nilai-nilai akademis Anda
  • Menyiapkan diri untuk mengikuti pelatihan kedisiplinan dan keterampilan militer

**Program bimbel PPDB masuk SMA semi militer akan membantu Anda untuk:

  • Memahami mekanisme PPDB SMA semi militer
  • Mengisi formulir PPDB dengan benar
  • Menjawab soal-soal tes seleksi PPDB

Bimbel SMA semi militer kami dibimbing oleh tim pengajar yang berpengalaman dan profesional.

Segera daftarkan diri Anda sekarang juga!

Kontak kami di 0811300200 atau kunjungi situs web bic.id untuk informasi lebih lanjut.

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

20 Daftar Prodi PPDS UB

20 Daftar Prodi PPDS UB

PPDS UB Universitas Brawijaya (UB) melalui Fakultas Kedokteran (FK) membuka peluang bagi para dokter untuk...

Daftar 14 Prodi PPDS UNAND

Daftar 14 Prodi PPDS UNAND

Universitas Andalas (Unand), sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia, menawarkan Program Pendidikan...