Mengenal Lebih Jauh BUMN Telkom

by | Jan 12, 2023 | Blog, BUMN | 0 comments

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, atau lebih dikenal sebagai Telkom, adalah perusahaan telekomunikasi milik negara yang berpusat di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1856 dengan nama Nederlandsch-Indische Telegraaf-Maatschappij (NITM) dan merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia.

Tentang

Sejarah Telkom dimulai pada tahun 1856, ketika Nederlandsch-Indische Telegraaf-Maatschappij (NITM) didirikan untuk menyediakan jasa telegraf di Hindia Belanda. NITM merupakan perusahaan telegraf pertama di Indonesia dan memainkan peran penting dalam pengembangan infrastruktur telekomunikasi di tanah air.

Setelah berpuluh-puluh tahun beroperasi, pada tahun 1945, NITM diserahkan kepada pemerintah Indonesia setelah Proklamasi Kemerdekaan. Kemudian, pada tahun 1967, NITM berganti nama menjadi Perusahaan Umum Telekomunikasi Indonesia (PT PUJI) dan pada tahun 1995, berganti nama lagi menjadi PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom).

Selama bertahun-tahun Telkom menjadi satu-satunya penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia. Namun, setelah era reformasi, pemerintah membuka peluang bagi perusahaan swasta untuk beroperasi dalam bidang telekomunikasi sehingga menciptakan persaingan yang sehat bagi industri telekomunikasi di Indonesia.

Awal 2000-an Telkom mengalami transformasi bisnis dengan membuka peluang bagi perusahaan swasta untuk mengakuisisi saham Telkom dan menjual beberapa anak perusahaannya, seperti Telkomsel. Transformasi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan meningkatkan daya saing Telkom di pasar global.

Selama bertahun-tahun, Telkom telah mengalami perubahan strategi dan transformasi bisnis untuk meningkatkan layanan dan aksesibilitas bagi masyarakat Indonesia serta meningkatkan efisiensi operasional perusahaan. Telkom terus berinovasi dan berinvestasi dalam teknologi terbaru untuk meningkatkan layanan dan aksesibilitas bagi masyarakat Indonesia serta meningkatkan efisiensi operasional perusahaan.

Layanan

Telkom menyediakan layanan telepon, internet, dan jaringan data ke seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, perusahaan ini juga menyediakan layanan telekomunikasi internasional, layanan multimedia, dan layanan teknologi informasi. Telkom juga merupakan satu-satunya perusahaan di Indonesia yang menyediakan layanan internet berbasis fiber optik.

Perusahaan ini memiliki beberapa anak perusahaan yang juga bergerak di bidang telekomunikasi, di antaranya adalah Telkomsel, perusahaan telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia, serta Telkom Akses dan Telkom Infrastruktur, yang bertanggung jawab atas pemasangan jaringan dan pengelolaan infrastruktur telekomunikasi di seluruh Indonesia.

Dalam beberapa tahun terakhir, Telkom telah mengalami beberapa perubahan strategi, termasuk penjualan saham minoritasnya ke investor asing dan pengembangan bisnis di sektor non-telekomunikasi seperti media digital dan layanan keuangan.

Telkom juga merupakan perusahaan yang berperan penting dalam pengembangan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia, sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan dan aksesibilitas bagi masyarakat Indonesia. Sebagai perusahaan BUMN, Telkom juga berperan aktif dalam memberikan kontribusi sosial dan lingkungan serta memberikan dukungan pada pemerintah dalam program pemerintah yang berkaitan dengan sektor telekomunikasi.

Pelopor Teknologi IoT dan 5G di Indonesia

Telkom juga telah melakukan beberapa inovasi dan investasi dalam teknologi terbaru seperti Internet of Things (IoT) dan 5G. Telkom mengklaim telah menjadi penyedia jaringan 5G pertama di Indonesia dan telah meluncurkan layanan 5G resmi pada tahun 2021. Ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas jaringan dan meningkatkan aksesibilitas layanan internet di seluruh wilayah Indonesia.

Selain itu, Telkom juga telah berinvestasi dalam teknologi IoT yang memungkinkan perusahaan untuk menyediakan layanan yang lebih baik dan efisien bagi konsumen dan juga membuka peluang bisnis baru. Telkom menyediakan berbagai layanan IoT seperti Smart City, Smart Building, dan Smart Agriculture, yang dapat digunakan oleh pemerintah dan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan meningkatkan kualitas layanan.

Di masa depan, Telkom diharapkan dapat terus berinovasi dan berinvestasi dalam teknologi terbaru untuk meningkatkan layanan dan aksesibilitas bagi masyarakat Indonesia serta meningkatkan efisiensi operasional perusahaan. Dengan berbagai inovasi yang dilakukan, Telkom diharapkan dapat terus menjadi perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia dan meningkatkan kontribusi pada pembangunan negara.

Lini Usaha

Telkom merupakan perusahaan telekomunikasi besar yang menawarkan berbagai jenis layanan dan produk telekomunikasi, diantaranya :

  1. Layanan Telepon: Telkom menyediakan layanan telepon rumah dan telepon seluler, serta layanan telepon internasional.
  2. Layanan Internet: Telkom menyediakan layanan internet melalui kabel dan fiber optik, serta layanan internet mobile melalui Telkomsel.
  3. Layanan Jaringan Data: Telkom menyediakan layanan jaringan data untuk perusahaan dan organisasi, termasuk layanan virtual private network (VPN) dan layanan jaringan berbasis cloud.
  4. Layanan Multimedia: Telkom menyediakan layanan televisi berbayar (TelkomVision), layanan video on demand (VOD), dan layanan streaming musik.
  5. Layanan Teknologi Informasi: Telkom menyediakan layanan teknologi informasi seperti layanan cloud computing, layanan hosting, dan layanan managed IT.
  6. Anak Perusahaan : Telkom memiliki anak perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi, seperti Telkomsel, perusahaan telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia, serta Telkom Akses dan Telkom Infrastruktur, yang bertanggung jawab atas pemasangan jaringan dan pengelolaan infrastruktur telekomunikasi di seluruh Indonesia.
  7. Telkom juga menyediakan layanan 5G sebagai teknologi terbaru di bidang telekomunikasi.

Lini-lini usaha ini dikelola oleh beberapa unit bisnis yang masing-masing fokus pada layanan atau produk tertentu dari Telkom untuk memberikan kepuasan dan pelayanan terbaik bagi pelanggan.

Selain itu Telkom juga memiliki bisnis dibidang:
  • Layanan Keuangan : Telkom menyediakan layanan keuangan seperti kartu kredit dan asuransi melalui anak perusahaan Telkom Finance
  • Layanan Digital : Telkom melalui anak perusahaan Telkom Digital memberikan jasa layanan digital seperti e-commerce, e-payment dan layanan digital lainnya
  • Media & Content : Telkom menyediakan layanan media dan konten melalui anak perusahaan, seperti Vision+ dan Metronet, yang menyediakan layanan streaming musik dan video.

Telkom juga berperan aktif dalam pengembangan teknologi untuk meningkatkan layanan dan aksesibilitas bagi masyarakat Indonesia, serta meningkatkan efisiensi operasional perusahaan. Telkom juga berperan aktif dalam memberikan kontribusi sosial dan lingkungan serta memberikan dukungan pada pemerintah dalam program pemerintah yang berkaitan dengan sektor telekomunikasi.

Secara keseluruhan Telkom menjadi salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia dengan berbagai produk dan layanan telekomunikasi yang komprehensif serta inovatif, Telkom berusaha untuk memberikan kontribusi positif bagi pembangunan negara dan kesejahteraan masyarakat dengan menyediakan layanan dan produk telekomunikasi yang aksesibel dan berkualitas.

Menjadi Karyawan Telkom

Menjadi karyawan Telkom dapat dilakukan dengan mengikuti proses rekrutmen yang diumumkan oleh perusahaan. Proses rekrutmen ini dapat dilakukan melalui situs web resmi Telkom atau melalui media sosial perusahaan. Karyawan Telkom dapat dipekerjakan dalam berbagai posisi, termasuk posisi administratif, teknis, dan manajerial.

Untuk mengikuti proses rekrutmen, calon karyawan harus memenuhi syarat-syarat yang ditentukan oleh perusahaan, seperti pendidikan, pengalaman kerja, dan kualifikasi lainnya yang ditentukan. Setelah melakukan proses pendaftaran, calon karyawan akan diundang untuk mengikuti tahap seleksi berikutnya, seperti tes tertulis, wawancara, dan tes kompetensi.

Setelah melewati proses seleksi yang dijalankan, calon karyawan yang diterima akan ditawarkan kontrak kerja dan diterima sebagai karyawan Telkom. Karyawan Telkom akan mendapatkan paket gaji dan benefit yang kompetitif sesuai dengan posisi yang dilamar. Serta dapat mengembangkan karirnya di dalam perusahaan.

Menjadi karyawan Telkom dapat menjadi pilihan yang menarik karena Telkom merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia yang memberikan peluang karir yang baik dan menyediakan fasilitas yang lengkap bagi para karyawannya.

Ingin menjadi bagian dari BUMN Telkom dan menikmati berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh perusahaan milik negara?

Ayo ikuti bimbingan belajar BUMN BIC! Program ini akan memberikan Anda informasi yang dibutuhkan tentang BUMN, proses seleksi, dan persiapan yang diperlukan untuk sukses dalam tahap seleksi.

Kamu akan belajar dari para ahli yang berpengalaman di bidang ini dan dapat berdiskusi dengan sesama calon kandidat yang memiliki minat yang sama.

Kami juga akan memberikan dukungan dan bimbingan selama proses seleksi dan setelah diterima bekerja di BUMN.

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengejar impian Anda dan bergabung dengan BUMN. Ayo segera daftar untuk bimbingan belajar BUMN kami sekarang juga!

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

18 Jurusan di Fakultas Teknik

18 Jurusan di Fakultas Teknik

Fakultas teknik adalah fakultas yang menjanjikan masa depan yang cerah. Lulusan fakultas teknik memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin dan inovator di berbagai bidang.