16 Universitas Terbaik Di Indonesia Versi QS World University 2023

by | Jun 9, 2022 | Berita, Universitas | 0 comments

16 Universitas di Indonesia masuk ke dalam kategori universitas terbaik di dunia tahun 2023 berdasarkan penilaian dari QS World University Rankings. Hasil penilaian dipublikasikan pada 8 Juni 2022 dengan merangking 1500 kampus terbaik dari seluruh dunia.

QS World University Rankings adalah publikasi tahunan peringkat universitas yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS). QS World University Rankings sebelumnya dikenal sebagai THE-QS World University Rankings,

Di tahun 2022 ini, QS World University Rankings resmi merilis daftar Universitas terbaik di dunia.

Parameter Penilaian

Berdasar QS World University Ranking, terdapat enam parameter yang dijadikan parameter untuk perangkingan universitas terbaik.

1. Academic Reputation

Mencakup 40 persen dari skor keseluruhan. Reputasi akademik terlihat pada kualitas pengajaran dan penelitian di universitas-universitas dunia. QS mengumpulkan lebih dari 130.000 pendapat ahli dari ruang pendidikan tinggi, menciptakan survei pendapat akademis terbesar di dunia.

2. Employer Reputation

QS mengetahui bahwa siswa ingin lulus dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk pasar kerja. QS juga menilai bagaimana institusi mempersiapkan siswa untuk karier yang sukses, dan institusi mana yang menyediakan lulusan yang paling kompeten, inovatif, dan efektif.

3. Faculty Student Ratio

Indikator ini mengakui bahwa tingginya jumlah akademisi per mahasiswa mengurangi beban mengajar dan menciptakan pengalaman mahasiswa yang lebih mendukung. QS menilai bagaimana institusi memberikan mahasiswa akses yang berarti ke dosen dan tutor.

4. Citations per Faculty

QS mengukur kualitas penelitian universitas dengan metrik kutipan per fakultas, dengan mengambil jumlah total kutipan akademik dalam makalah yang dihasilkan oleh universitas dalam periode lima tahun.

5. International Faculty Ratio and International Students Ratio

Universitas yang sangat internasional menciptakan sejumlah manfaat. Ini menunjukkan kemampuan untuk menarik siswa dan staf berkualitas dari seluruh dunia. Institusi internasional yang kuat dapat menyediakan lingkungan multinasional, membangun simpati internasional, dan kesadaran global.

Selain keenam paramater di atas. Pada tahun ini, ditambahkan dua paramater baru. Tetapi parameter ini tidak mempengaruhi bobot penelaian

1. International Research Network

Metrik ini hanya mempertimbangkan kemitraan yang berkelanjutan, yaitu kemitraan yang menghasilkan 3 atau lebih joint paper yang diindeks oleh Scopus dalam periode lima tahun.

Seperti dalam kasus lain ketika kutipan dan makalah diproses di peringkat regional kami, Indeks IRN dinormalisasi oleh lima bidang fakultas

2. Employment Outcomes

Dirancang indikator Hasil Ketenagakerjaan untuk mencerminkan kemampuan institusi untuk memastikan tingkat kelayakan kerja yang tinggi bagi lulusan mereka, sambil juga membina pemimpin masa depan yang terus memberikan dampak di bidangnya masing-masing.

Berikut 16 universitas terbaik di Indonesia versi QS World University Ranking 2023:

1. Universitas Gadjah Mada ( UGM )
Peringkat Global 231
Skor 40,2

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)
Peringkat Global 235
Skor 39,5

3. Universitas Indonesia ( UI )
Peringkat Global 248
Skor 38,7

4. Universitas Airlangga (Unair)
Peringkat Global 369
Skor 29,9

5. Institut Pertanian Bogor (IPB)
Peringkat Global 449
Skor 26,2

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Peringkat Global 701-750

7. Universitas Padjadjaran (Unpad)
Peringkat Global 751-800

8. Universitas Diponegoro (Undip)
Peringkat Global 801-1.000

9. Universitas Brawijaya (UB)
Peringkat Global 801-1.000

10. Universitas Bina Nusantara (Binus)
Peringkat Global 1.001-1.200

11. Telkom University (Tel-U)
Peringkat Global 1.001-1.200

12. Universitas Hasanuddin (Unhas)
Peringkat Global 1.001-1.200

13. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta
Peringkat Global 1.001-1.200

14. Universitas Andalas (Unand)
Peringkat Global 1.201-1400

15. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
Peringkat Global 1.201-1.400

16. Universitas Sumatera Utara (USU)
Peringkat Global 1.201-1.400

Nah, itu tadi 16 universitas terbaik di Indonesia versi QS World University Ranking tahun 2023. Semoga dengan informasi ini dapat memberikan pengetahuan untuk kamu yang sedang mencari referensi universitas terbaik di indonesia.

Sumber: www.topuniversities.com

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Dalam era globalisasi ini, memilih universitas yang berkualitas adalah langkah penting dalam meraih pendidikan yang baik dan masa depan yang cerah. Namun, dengan banyaknya pilihan universitas yang tersedia, bagaimana kita dapat memastikan bahwa institusi yang kita pilih memiliki standar pendidikan yang tinggi dan diakui secara resmi?

18 Jurusan di Fakultas Teknik

18 Jurusan di Fakultas Teknik

Fakultas teknik adalah fakultas yang menjanjikan masa depan yang cerah. Lulusan fakultas teknik memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin dan inovator di berbagai bidang.