UTBK SBMPTN 2020

by | Dec 31, 2019 | Berita

Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN)

         Hai, adik-adik SMA kelas 12 yang akan atau sedang berjuang mendapatkan PTN impian, sudahkah kah siap atau belum? Kalian yang yang saat ini kelas 12 pasti memiliki impian untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi terutama di perguruan tinggi negeri. Yaps, pemerintah mulai tahun 2019 sudah melaksanakan ujian bersama untuk masuk ke perguruan tinggi negeri secara nasional dengan metode berbasis komputer atau yang di kenal UTBK.

Apa sih itu UTBK? UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer) adalah sebuah ujian berbasis komputer yang dilaksanakan beberapa kali dalam setahun yang nilainya bisa digunakan dalam SBMPTN. Selain untuk SBMPTN, nilai UTBK juga bisa digunakan untuk seleksi mandiri PTN maupun PTS. Bakal ada PTN atau PTS yang membuka jalur seleksi mandiri tanpa tes lagi, tapi tinggal menggunakan nilai UTBK

Di UTBK ini, kalian hanya boleh mengikuti tes maksimal 2 kali. Apabila mengikuti UTBK 2 kali, kamu bisa menggunakan nilai tertinggi antara 2 nilai UTBK yang dimiliki.

Persyaratan UTBK

  • Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 pada tahun 2019 atau peserta didik Paket C tahun 2019.
  • Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2017 dan 2018 atau lulusan Paket C tahun 2017 dan 2018.
  • Membayar biaya UTBK sebesar Rp200.000 untuk 1 kali tes

Kalian bisa mengikuti UTBK satu atau dua kali. Kalau kalian berencana mengikuti tes satu kali saja bisa memilih mendaftar pada gelombang pertama atau gelombang kedua. Namun, apabila kamu ingin mengikuti tes dua kali, maka kamu harus mendaftar di gelombang pertama dan gelombang kedua. Kalau kamu hanya di gelombang kedua, maka hanya dapat mengikuti 1 (satu) kali tes.

`Berbeda dari materi SBMPTN tahun 2018, materi ujian UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian.

TKA terdiri dari:

  • TKA Saintek: Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi
  • TKA Soshum: Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi

Bisa dibilang, TKA adalah pengganti dari TKD di SBMPTN 2018 dengan penambahan Matematika Soshum. Sedangkan untuk TPS, Isinya kurang lebih seperti kemampuan verbal, kemampuan matematika (kuantitatif), serta kemampuan logika.

Kelompok ujian pada UTBK kurang lebih sama seperti SBMPTN tahun-tahun sebelumnya, yaitu dibagi menjadi 2 kelompok ujian:

  • Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek
  • Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum.

Setiap peserta dapat memilih kelompok ujian Saintek dan/atau Soshum. Jadi misalnya bisa aja di UTBK pertama kalian ikut Saintek, namun di UTBK kedua kamu ikut Soshum. Tapi di UTBK ini ga ada kelompok ujian IPC atau campuran. Lalu bagaimana jika ingin kalau di SBMPTN 2019 ingin mix jurusan kelompok IPA dan IPS? Maka di UTBK-nya kalian mesti ikut 2 kali UTBK, mengikuti kelompok ujian Saintek dan Soshum.

Terdapat 8 kelompok capaian nilai yang diklasifikasikan oleh LTMPT sendiri, yaitu:

  1. Nilai 300 atau kurang
  2. Nilai 301-400
  3. Nilai 401-500
  4. Nilai 501-600
  5. Nilai 601-700
  6. Nilai 701-800
  7. Nilai 801-900
  8. Nilai 901 atau lebih

Dari sini, kalian dapat mengira-ngira, ada di kelompok manakah kalian. Tidak hanya itu, kalian juga dapat melihat berapa banyak jumlah saingan kalian dalam SBMPTN nanti.

by: Hisyam Jauhari

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”