Bimbingan BUMN PGN

by | Feb 28, 2023 | Blog | 0 comments

Perusahaan Gas Negara (PGN) adalah perusahaan gas nasional Indonesia yang didirikan pada tahun 1965. Merupakan perusahaan yang terintegrasi secara vertikal, memproduksi dan mendistribusikan gas alam dan produk-produk terkait gas alam.

Profil PGN

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang transmisi dan distribusi gas bumi terbesar di Indonesia.​

Kami telah bertransformasi menjadi subholding gas bagian dari Holding Migas PT Pertamina (Persero) berdedikasi pada satu tujuan : Memberikan keahliannya, energi dan infrastruktur yang diperlukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia secara jangka panjang.​

PGN secara berkesinabungan mengintegrasikan rantai bisnis gas bumi dari hulu sampai hilir demi melayani masyarakat.​

Sebagai BUMN yang bergerak pada bidang energi, perusahaan memiliki tanggung jawab penting dalam memenuhi kebutuhan energi nasional dan menjaga ketersediaan pasokan gas alam di Indonesia. Saat ini, perusahaan telah tumbuh menjadi salah satu perusahaan energi terbesar di Indonesia, dengan jaringan pipa gas yang membentang dari Aceh hingga Papua.

PGN terus memperkuat pondasi dan bertransformasi dari perusahaan transmisi dan distribusi gas bumi menjadi penyedia solusi energi terintegrasi, yang mendorong pemanfaatan gas bumi untuk kebutuhan masyarakat dan industri.

Visi

Menjadi Perusahaan Gas Nasional Terkemuka dan Terpercaya Berstandar Kelas Dunia Dalam Penyediaan Infrastruktur dan Pemanfaatan GasBumi

Misi

Menjalankan bisnis gas di bidang midstream, downstream dan usaha pendukung lainnya yang berkomitmen untuk meningkatkan nilai bagi seluruh pemangku kepentingan dengan melakukan :

1. Niaga

Niaga gas bumi dan LNG sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi nasional berdasarkan prinsip-prinsip komersial yang kuat

2. Penyediaan

Penyediaan infrastruktur gas bumi dan LNG secara terintegrasi

3. Teknologi

Pengusahaan kegiatan jasa pendukung penyediaan infrastruktur dan pemanfaatan gas bumi melalui pemilihan teknologi yang tepat guna

4. Pengembangan

Pengembangan bisnis melalui pemanfaatan gas bumi untuk industri berbasis gas dan turunannya

Sejarah

1859-1965 Pada tahun 1859 didirikan perusahaan swasta Belanda, Firma L.J.N. Eindhoven & CO Gravenhage. PGN baru ditetapkan sebagai perusahaan negara pada 13 Mei 1965.

1994-1998 Perluasan bisnis dan ekspansi PGN diikuti pembentukan anak usaha PT Transportasi Gas Indonesia.

2003 Saham PGN dicatatkan di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya dengan kode PGAS Pada 15 Desember 2003.

2007-2012 Pembentukan anak usaha PT PGAS Telekomunikasi Nusantara, PT PGAS Solution, PT Saka Energi Indonesia, PT Gagas Energi Indonesia dan PT PGN LNG Indonesia.

2018 Sejalan dengan inisiatif Pemerintah membentuk Holding BUMN Migas, pada 11 April 2018, PGN menjadi bagian dari PT Pertamina (Persero) dengan dialihkannya saham seri B milik negara RI yang menandai terbentuknya Holding BUMN Migas. Selanjutnya pada 28 Desember 2018, PGN resmi menjadi Subholding Gas dengan pengambilalihan 51% saham milik PT Pertamina (Persero) pada PT Pertamina Gas.

Peran

PGN juga berperan dalam mendukung pembangunan infrastruktur energi nasional. Sebagai bagian dari strategi ini, juga telah menjalin kemitraan dengan perusahaan-perusahaan energi besar di seluruh dunia. Serta memiliki kemitraan dengan perusahaan seperti Pertamina, ConocoPhillips, dan Total untuk mengembangkan potensi energi nasional.

Selain itu, PGN juga terus berinovasi dalam menciptakan produk-produk terkait gas alam yang ramah lingkungan. Misalnya, telah mengembangkan kendaraan berbahan bakar gas alam (CNG) yang lebih ramah lingkungan dan ekonomis. Juga memproduksi gas kota (city gas) yang dapat digunakan untuk memasak dan menggerakkan mesin.

Perusahaan juga memiliki tanggung jawab sosial yang penting. Berkomitmen untuk mendukung pembangunan ekonomi lokal di daerah-daerah tempat PGN beroperasi.

Juga telah mengadopsi program tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) yang luas, termasuk program pelatihan dan pengembangan keterampilan bagi masyarakat setempat.

Dalam menjalankan operasinya, PGN juga memperhatikan lingkungan hidup. Saat ini telah mengadopsi standar internasional dalam hal keselamatan dan kesehatan kerja, serta program lingkungan yang bertujuan untuk mengurangi dampak lingkungan yang dihasilkan dari operasinya.

Sebagai perusahaan gas alam terbesar di Indonesia, PGN memiliki kapasitas produksi gas alam yang besar dan infrastruktur distribusi yang luas.

Perusahaan ini memiliki jaringan pipa gas alam sepanjang 8.141 kilometer di seluruh Indonesia, yang mencakup sebagian besar wilayah di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara.

Selain itu juga memiliki sejumlah anak perusahaan yang terkait dengan industri gas alam, termasuk PT Saka Energi Indonesia, PT PGAS Telekomunikasi Nusantara, dan PT PGN LNG Indonesia. PGN juga memiliki kemitraan dengan perusahaan energi internasional seperti ConocoPhillips, Total, dan Chevron untuk memperluas operasinya di sektor hulu.

Unit Bisnis

PGN memiliki beberapa unit bisnis, termasuk:

  1. Bisnis Gas Bumi Liquefied Petroleum Gas (LPG) Bisnis ini memasok LPG ke rumah tangga, restoran, dan industri di seluruh Indonesia melalui jaringan distribusi yang luas. Memiliki beberapa merek LPG seperti Bright Gas, Elpiji, dan Pertamina Gas.
  2. Bisnis Pemasokan Gas Alam untuk Industri Bisnis ini menyediakan gas alam untuk industri, termasuk sektor kelistrikan, kimia, petrokimia, dan lain-lain.
  3. Bisnis Transportasi dan Distribusi Gas Alam Bisnis ini mengelola jaringan pipa gas alam yang luas untuk mengirimkan gas alam ke pelanggan di seluruh Indonesia. Juga memiliki armada truk pengiriman gas alam.
  4. Bisnis Penyediaan Jasa Teknik Gas Alam Bisnis ini menyediakan layanan teknik dan konsultasi terkait dengan gas alam, termasuk perancangan sistem pengiriman gas, instalasi pipa, dan perbaikan sistem.
  5. Bisnis Pengelolaan Dana Pensiun Bisnis ini mengelola dana pensiun untuk karyawan PGN dan anak perusahaannya.

Memiliki komitmen untuk meningkatkan produksi gas alam dan infrastruktur distribusi guna memenuhi kebutuhan energi nasional dan memajukan sektor energi Indonesia. Juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan lingkungan, termasuk program bantuan sosial, kampanye penghematan energi, dan program lingkungan hidup.

Ingin menjadi bagian dari BUMN PGN dan menikmati berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh perusahaan milik negara?

Ayo ikuti bimbingan belajar BUMN BIC! Program ini akan memberikan Anda informasi yang dibutuhkan tentang BUMN, proses seleksi, dan persiapan yang diperlukan untuk sukses dalam tahap seleksi.

Kamu akan belajar dari para ahli yang berpengalaman di bidang ini dan dapat berdiskusi dengan sesama calon kandidat yang memiliki minat yang sama.

Kami juga akan memberikan dukungan dan bimbingan selama proses seleksi dan setelah diterima bekerja di BUMN.

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengejar impian Anda dan bergabung dengan BUMN. Ayo segera daftar untuk bimbingan belajar BUMN kami sekarang juga!

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

18 Jurusan di Fakultas Teknik

18 Jurusan di Fakultas Teknik

Fakultas teknik adalah fakultas yang menjanjikan masa depan yang cerah. Lulusan fakultas teknik memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin dan inovator di berbagai bidang.