Panduan USM STAN

by | Apr 9, 2020 | Blog

Untuk menembus STAN, kamu harus melalui Ujian Saringan Masuk atau USM, Quipperian. USM STAN adalah rekrutmen atau jalur masuk untuk menjaring calon mahasiswa baru yang akan diangkat menjadi salah satu bagian keuangan negara di lingkungan Kementerian Keuangan. Kementerian Keuangan sendiri mempunyai tugas untuk merencanakan, mengawasi, mengawal, serta melaporkan keuangan negara

          Jalur untuk masuk STAN tidak lah sama dengan jalur-jalur untuk masuk ke perguruan tinggi lainnya seperti SNMPTN, SBMPTN, Mandiri dan lain-lainya. STAN hanya menerima mahasiwa baru melalui jalur test USM atau Ujian Seleksi Masuk STAN. di PKN STAN maupun Perguruan Tinggi Kedinasan lain, jalur masuknya cuma satu dan sekali dibuka dalam setahun.

Jadi, bagi kalian yang benar-benar berminat kuliah di STAN, kalian mesti paham benar dengan syarat, ketentuan, dan tahap-tahap USM STAN. Materi yang di ujikan dalam ujian tertulis USM STAN yaitu:

  1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dengan 100 soal yang dikerjakan dalam waktu 90 menit.
  • Tes Intelegensi Umum (TIU),
  • Tes Karakteristik Pribadi (TWK), dan
  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).
  1. Tes Potensi Akademik (TPA), dengan jumlah 45 soal yang dikerjakan dalam waktu 40 menit.
  2. Tes Bahasa Inggris (TBI),dengan perkiraan30 soal yang dikerjakan dalam waktu 20 menit.

Setelah lolos ujian tertulis tahapan selanjutnya ialah test kesehatan dan kebugaran seperti:

  • Pengukuran Berat Badan & Tinggi Badan
  • Pemeriksaan Tekanan Darah (Tensi)
  • Pemeriksaan Visus/minus mata
  • Tes buta warna dan reflex
  • Pemeriksaan oleh dokter pemeriksa meliputi Pengecekan mulut, gigi, telinga, detak jantung, perut, Hemoroid (ambeyen), tulang kaki, dan riwayat penyakit yang pernah diderita.

Setelah lulus kedua tahap tersebut akan mengikuti ujian wawancara,dalam tahap ini, kalian akan ditanya mengenai identitas diri, kepribadian, pengalaman, prestasi, dan lain sebagainya. Rahasia dari tes ini adalah menjawab pertanyaan yang diberikan dengan jujur dan percaya diri. Tujuan dari tes ini adalah menggali pribadi dan karakter dari calon mahasiswa. Begitulah infromasi terkait yang patut kalian perhatikan untuk masuk STAN. Selamat berjuang!

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

20 Daftar Prodi PPDS UB

20 Daftar Prodi PPDS UB

PPDS UB Universitas Brawijaya (UB) melalui Fakultas Kedokteran (FK) membuka peluang bagi para dokter untuk...

Daftar 14 Prodi PPDS UNAND

Daftar 14 Prodi PPDS UNAND

Universitas Andalas (Unand), sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia, menawarkan Program Pendidikan...