Seleksi Penerimaan Calon Taruna/Taruni (SIPENCATAR) Kementerian Perhubungan Tahun 2023. Kementrian Perhubungan teleh mengumumkan penerimaan caon taruna/taruni sekolah kedinasan Kemenhub.
Berikut informasi rencana jadwal, persyaratan serta alur pendaftaran
Rencana Jadwal 2023
1. Pengumuman
Pengumuman pendaftaran Sekolah Kedinasan mulai tanggal 27-31 Maret 2023
2. Pendaftaran
Pendaftaran sekolah kedinasan dibuka tanggal 1-30 April 2023
3. Ujian SKD
Pelaksanaan Ujian SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2023
4. Seleksi Lanjutan
Pelaksanaan Seleksi Lanjutan akan dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus 2023
Persyaratan Administrasi
- Pas foto terbaru berwarna latar belakang merah, menghadap kedepan ukuran 4 x 6 cm (ukuran minimal 120 kb maksimal 500 kb dengan format .jpg)
- KTP bagi peserta yang berusia di atas 17 tahun atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP atau menggunakan Surat Keterangan Kependudukan/resi permintaan pembuatan KTP dengan format .jpg ukuran maksimal 500 kb
- Ijazah SMA/SMK/MA dan sederajat bagi calon peserta yang sudah dinyatakan lulus atau rapor SMA/SMK/MA dan sederajat (2 SEMESTER) bagi calon peserta yang belum dinyatakan lulus atau masih duduk di kelas 12 (dua belas)
- Dan Surat penyetaraan / persamaan ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi lulusan luar negeri atau memiliki ijazah berbahasa asing dengan format PDF ukuran maksimal 1000 kb
- Tanda bukti pembayaran formulir pendaftaran sesuai dengan perguruan tinggi yang dipilih dengan menyertakan nama dan NIK yang tercetak pada bukti pembayaran (ukuran maksimal 500 kB dengan format .jpg)
Persyaratan lainnya yang diunggah dalam 1 (satu) berkas dengan format PDF ukuran maksimal 2MB yang terdiri atas:
- Formulir Pernyataan Calon Taruna/Taruni SIPENCATAR Kementerian Perhubungan Tahun 2022 bermaterai 10.000 rupiah, dapat diunduh di https://sipencatar.dephub.go.id/template
- Surat Pernyataan Mutlak Menyetujui Hasil SIPENCATAR bermaterai 10.000 rupiah, dapat diunduh di https://sipencatar.dephub.go.id/template
- Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak Tidak Buta Warna bermaterai 10.000 rupiah, dapat diunduh di https://sipencatar.dephub.go.id/template
- Surat Keterangan Orang Asli Papua (OAP) yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Lurah/Kepala Suku di wilayah Papua/Papua Barat(hanya untuk Pendaftar formasi Pola Pembibitan Kemenhub khusus Putra/I Papua/Papua Barat), dapat diunduh di https://sipencatar.dephub.go.id/template
Alur pendaftaran
- Akses Portal: pelamar mengakses portal Sekolah Kedinasan di https://dikdin.bkn.go.id
- Buat akun: buat akun SSCASN Sekolah Kedinasan dengan NIK yang tervalidasi olek DUKCAPIL, kemudian cetak Kartu Informasi Akun
- Login: login ke SSCASN Sekolah Kedinasan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
- Pilih Sekolah Kedinasan: Unggah swafoto dan pilih Sekolah Kedinasan
- Pembayaran: lakukan pembayaran formulir pandaftaran, tata cara pendaftaran dapat dilihat di https//:sipencatar.dephub.go.id/pengumuman, simpan bukti pembayaran
- Pendaftaran: Lengkapi nilai, unggah berkas dan bukti pembayaran formulir pendaftaran, kemudian cek resume
- Verifikasi: verifikator instansi memverifikasi data dan berkas pelamar
- Cek Status Kelulusan: login ke SSCASN Sekolah Kedinasan dan cek status kelulusan administrasi
- Pembayaran: pelamar yang lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing, kemudian melakukan pembayaran
- Cetak Kartu Ujian: cetak kartu ujian di SSCASN Sekolah Kedinasan, jika pembayaran telah dikonfirmasi oleh sistem
- Ujian Seleksi: pelamar mengikuti proses sleksi sesuai dengan ketentuan masing-masing instansi
- pengumuman Hasil Seleksi: pengumuman hasil seleksi akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan di SSCASN