PROSPEK JURUSAN ELEKTRO

by | Sep 13, 2019 | Berita

Prospek Jurusan Teknik Elektro

         Teknik Elektro merupakan salah satu jurusan favorit di kategori sains (IPA), biasanya bersaing ketat dengan pendidikan dokter dan teknik informatika sebagai jurusan dengan passing grade tertinggi. Teknik Elektro adalah bidang ilmu profesional yang mempelajari aplikasi kelistrikan, elektronika, dan elektromagnet. Di Departemen Teknik Elektro ITS, dosen dan mahasiswa ditantang untuk terus berinovasi dan mengembangkan teknologi baru untuk mengatasi berbagai persoalan yang berhubungan dengan kedokteran, energi, dan lingkungan.

Teknik Elektro juga bisa dibilang sebagai salah satu bidang teknik yang tertua dan menjadi induk dari banyak bidang lain. Jurusan Teknik Komputer, adalah perpaduan teknik elektro dengan ilmu komputer. Jurusan Teknik Telekomunikasi juga merupakan salah satu bidang dari teknik elektro. Ilmu Elektro atau kelistrikan menjadi basis dari industri manufaktur modern, sehingga peluang kerja dari lulusan jurusan ini juga sangat menjanjikan. Dalam bahasa inggris, jurusan ini dikenal juga sebagai Electrical Engineering.

Berikut adalah peluang atau prospek kerja teknik elektro yang perlu kalian ketahui, yaitu sebagai berikut:

1.Bekerja di Bidang Perminyakan dan Pertambangan

Bidang ini sangat diminati banyak orang. Teknik elektro merupakan jurusan yang sangat dibutuhkan pada bidang ini. Utamanya pada bidang control dan instrumen engineer. Seperti yang telah diketahui bahwasanya listrik sangat dibutuhkan oleh semua orang. Sehingga sumber listrik juga dibutuhkan. Inilah yang menjadikan peluang besar pada pekerjaan ini

2.Bekerja Di Bidang Kelistrikan

Yang bisa bekerja pada bidang kelistrikan hanyalah lulusan jurusan teknik elektro. Sehingga menjadi peluang besar bagi Kamu sarjana teknik elektro untuk merebut pekerjaan tersebut. Bisa dengan mudahnya mendapat pekerjaan dan dengan gaji yang cukup besar.

3.Software Developer

Lulusan elektro juga mampu mengembangkan perangkat lunak sebagai upaya pengembangan IOT (Internet Of Things). Karena setidaknya mampu menguasai bahasa pemograman untuk perangkat keras. Dengan gaji yang ditawarkan minimal 5 juta.

4.Manufaktur

Sebenarnya banyak jurusan yang bisa masuk di bidang ini. Oleh karenanya persaingan cukup berat. Namun semua konsentrasi yang ada pada teknik elektro bisa masuk. Baik sebagai Engineer, staf produksi, teknisi, dan bahkan staf personalia. Untuk gajinya tergantung posisi yang diduduki, kisaran 4,5 hingga 18 juta yang tertinggi.

5.Bekerja Di Sektor Swasta

Sektor swasta sangat berprospek untuk lulusan jurusan tenik elektro. Seperti halnya pengembangan software dan hardware, kominfo, telkom, dan masih banyak lagi. Gaji yang ditawarkan memang tidak terlalu tinggi. Namun ada sektor swasta yang menawarkan gaji cukup tinggi yakni perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan, pembangkit listrik, dan perminyakan.

(by: Hisyam JH)

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”