Tes Potensi Akademik (TPA) Bappenas

by | Jan 5, 2023 | Blog, Universitas | 0 comments

Tes Potensi Akademik (TPA) Bappenas adalah sebuah tes yang diadakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk mengukur kemampuan akademik siswa yang akan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

TPA Bappenas merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh siswa yang ingin mendaftar ke program beasiswa Bappenas.

Komponen Tes Potensi Akademik Bappenas

Tes Potensi Akademik (TPA) Bappenas terdiri dari tiga bagian, yaitu:

  1. Tes Kemampuan Verbal: Tes ini mengukur kemampuan siswa dalam memahami dan menganalisis teks bacaan. Tes ini terdiri dari soal-soal yang berisi teks bacaan yang harus dianalisis oleh siswa dan soal-soal yang bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam mengerti dan menyajikan informasi yang terdapat dalam teks bacaan tersebut.
  2. Tes Kemampuan Numerik: Tes ini mengukur kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Tes ini terdiri dari soal-soal yang bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menghitung, menyelesaikan masalah-masalah matematika sederhana, dan memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan aritmetika dan geometri.
  3. Tes Kemampuan Abstrak: Tes ini mengukur kemampuan siswa dalam memahami dan menyelesaikan masalah-masalah yang bersifat abstrak. Tes ini terdiri dari soal-soal yang bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam mengidentifikasi pola-pola, menentukan hubungan antara konsep-konsep, dan menyelesaikan masalah-masalah yang tidak memiliki jawaban yang jelas.

Selain tiga bagian tersebut, TPA Bappenas juga mencakup tes kemampuan bahasa Inggris. Tes ini mengukur kemampuan siswa dalam memahami dan menggunakan bahasa Inggris dengan baik. Tes ini terdiri dari soal-soal yang bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami dan menyajikan informasi yang terdapat dalam teks bacaan, serta kemampuan siswa dalam menggunakan bahasa Inggris secara lisan dan tertulis.

Cara Mendaftar TPA Bappenas

Untuk mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) Bappenas, siswa harus melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Mendaftar: Siswa harus mendaftar terlebih dahulu melalui situs resmi Bappenas. Pada saat mendaftar, siswa harus menyediakan informasi pribadi, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan nomor KTP.
  2. Menyiapkan persyaratan: Setelah mendaftar, siswa harus mempersiapkan persyaratan yang diperlukan untuk mengikuti TPA Bappenas, seperti tanda pengenal yang sah, fotokopi KTP, dan fotokopi akta lahir.
  3. Menunggu pemberitahuan: Setelah mendaftar, siswa akan menerima pemberitahuan melalui email atau sms tentang tanggal, waktu, dan tempat ujian. Siswa harus memastikan bahwa alamat email dan nomor telepon yang didaftarkan sudah benar.
  4. Hadir di tempat ujian: Siswa harus hadir tepat waktu di tempat ujian, membawa tanda pengenal yang sah, dan mengikuti seluruh tahapan ujian dengan sesuai dengan aturan yang berlaku.
  5. Menunggu hasil ujian: Hasil TPA Bappenas akan diumumkan beberapa minggu setelah ujian. Siswa yang lulus TPA Bappenas akan memperoleh sertifikat yang menyatakan bahwa mereka layak mendaftar ke program beasiswa Bappenas.
Siswa yang lulus TPA Bappenas akan memperoleh sertifikat yang menyatakan bahwa mereka layak mendaftar ke program beasiswa Bappenas. Dengan memperoleh beasiswa Bappenas, siswa akan mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi dengan biaya yang ditanggung oleh pemerintah.

Lembaga Lain  Yang Menyediakan TPA

Selain TPA Bappenas, ada juga beberapa tes potensi akademik lain yang diadakan oleh lembaga-lembaga pendidikan tinggi di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Tes Potensi Akademik (TPA) Institut Teknologi Bandung (ITB): Tes ini diadakan oleh ITB untuk mengukur kemampuan akademik siswa yang akan mendaftar ke program studi di ITB.
  2. Tes Potensi Akademik (TPA) Universitas Indonesia (UI): Tes ini diadakan oleh UI untuk mengukur kemampuan akademik siswa yang akan mendaftar ke program studi di UI.
  3. Tes Potensi Akademik (TPA) Universitas Padjadjaran (Unpad): Tes ini diadakan oleh Unpad untuk mengukur kemampuan akademik siswa yang akan mendaftar ke program studi di Unpad.

Setiap lembaga pendidikan tinggi memiliki kriteria yang berbeda-beda dalam menentukan siswa yang layak mendaftar ke program studi yang ditawarkan. Oleh karena itu, siswa yang ingin mendaftar ke salah satu program studi di lembaga pendidikan tinggi tersebut harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh lembaga tersebut, termasuk mengikuti tes potensi akademik yang diadakan oleh lembaga tersebut.

Dengan mengikuti tes potensi akademik, siswa akan memiliki kesempatan untuk menunjukkan kemampuan akademiknya dan meningkatkan peluang untuk diterima di program studi yang diinginkannya. Selain itu, siswa juga akan mendapatkan pengalaman yang berguna dalam menghadapi tes-tes akademik lain di masa yang akan datang.

Apakah kalian ingin lulus TPA Bappenas dengan skor yang tinggi? BIC (Bimbingan Belajar) siap untuk membantu kalian mencapai tujuan belajar kalian. Di BIC, kami memiliki tim pengajar yang terlatih dan berpengalaman yang siap membantu kalian meningkatkan kemampuan dan pengetahuan kalian di berbagai mata pelajaran. Selain itu, kami juga menyediakan fasilitas yang nyaman dan kondusif untuk belajar, sehingga kalian dapat belajar dengan lebih fokus dan efektif.

Tersedia bimbel TPA Bapenas untuk kamu yang ingin lulus Tes Potesi Akademik dengan nilai tinggi

Jangan ragu untuk bergabung dengan BIC dan mulai meningkatkan kemampuan belajar kalian sekarang juga. Kami tunggu kedatangan kalian di BIC.

 

 

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Dalam era globalisasi ini, memilih universitas yang berkualitas adalah langkah penting dalam meraih pendidikan yang baik dan masa depan yang cerah. Namun, dengan banyaknya pilihan universitas yang tersedia, bagaimana kita dapat memastikan bahwa institusi yang kita pilih memiliki standar pendidikan yang tinggi dan diakui secara resmi?